Ilmuwan Temukan Cara ‘Hapus’ Ingatan Buruk Seseorang

Abadikini.com – Trauma, ingatan buruk, dan ingatan yang mengganggu tentu akan berpengaruh pada mental kita ke depannya. Oleh karena itu, peneliti mencoba cari cara untuk menghapus ingatan buruk seseorang.

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan di Science Advances yang dikutip The Verge, memberi pasien anestesi dapat membantu untuk melupakan ingatan yang mengganggu.

Percobaan yang dihelat oleh para ilmuwan saraf di Universitas Teknik Madrid, dalam penelitian ini dilakukan dengan cara mengikutsertakan 50 peserta dan memberi mereka tayangan slide yang berbeda dan tidak menyenangkan. Di antaranya adalah anak yang diculik dan kecelakaan mobil.

Setelah satu minggu, para ilmuwan mengumpulkan peserta dan mencoba “mengaktifkan kembali” ingatannya hanya dengan menunjukkan kembali gambar tak menyenangkan tersebut. Sesegera setelah itu, semua peserta diberikan propofol anestesi dan mereka menjalani endoskopi.

Langkah terakhir, ilmuwan menguji seberapa baik peserta mengingat memori buruk tersebut. Setengah dari mereka diuji setelah bangun, setengahnya lagi diuji 24 jam kemudian.

Pasien yang diuji setelah bangun ternyata cenderung mengingat memori buruk tersebut. Sementara pasien yang diuji sehari setelahnya tidak ingat cerita mana pun.

Hal ini menunjukkan bahwa kombinasi dari reaktivasi dan anestesi dan timing yang tepat, dapat menjaga ingatan buruk tak berbekas di otak.

Tantangan dari penelitian ini adalah menerapkan hasil yang sebenarnya masih terbatas ini pada kehidupan nyata. Diharapkan hal ini bisa menumpas memori buruk di tingkatan traumatik, kecanduan alkohol dan narkoba, serta hal buruk lainnya.

Hal ini pun masih belum diuji lebih lanjut apakah penerapan anestesi bisa berbeda berdasarkan gender dan fisik masing-masing individu yang berbeda-beda.

Editor
Tonny F

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker