Tips Jadi Pesepakbola Hebat Ala Zinedine Zidane

Abadikini.com, JAKARTA – Pelatih Real Madrid Zinedine Zidane membuka salah satu rahasianya saat masih aktif sebagai pesepakbola. Zidane merupakan salah satu pesepakbola yang paling sukses karena berhasil memberikan gelar baik bersama klub maupun Timnas Prancis.

Dalam wawancara dengan platform hiburan sepak bola OTRO, Zidane membeberkan kisahnya menjadi pesepakbola kelas dunia. Dia menyatakan bahwa keinginan yang keras plus disiplin merupakan kunci menjadi pesepakbola hebat.

Dia menyatakan bahwa cita-citanya menjadi pesepakbola sempat ditentang oleh kedua orang tuanya. Namun keinginan Zidane tersebut tak terbendung. Larangan tersebut malah membuat Zidane terus memikirkan sepak bola hingga prestasinya di sekolah anjlok. Menyerah, orang tua Zidane akhirnya membiarkannya mengejar cita-cita tersebut.

“Setelah saya mendapatkan restu dari orang tua, saya fokus memberikan semuanya untuk meraih apa yang saya inginkan,” ujarnya.

“Saya tidur dengan cukup, saya tidak bodoh dengan mengunjungi bar. Saya hanya meminum air putih dan rajin melatih tubuh saya.”

“Saya memberikan segalanya untuk menjadi pemain terbaik, saya harus melakukan apa pun harganya. Inilah bagaimana saya bisa membuat orang tua saya bahagia, karena itulah kehidupan saya, tetapi saya juga melakukannya untuk membuat mereka bahagia.”

Meskipun demikian, Zidane menilai saat ini situasi banyak berubah dari ketika masanya sebagai pesepakbola muda. Menurut dia, para pemain muda lebih mudah mendapatkan kesempatan bermain di tim senior saat ini.

“Anda harus membuat diri anda dikenal, lalu bermain, anda harus bagus, tidak seperti saat ini. Pertama-tama anda harus membuktikan bahwa anda berbeda, sebab saat itu hanya ada sedikit pemain – hanya satu atau dua pemain muda di tiap tim.”

Zidane bisa dianggap sebagai salah satu pesepakbola tersukses di dunia. Hampir seluruh gelar pernah dia rasakan baik di level internasional atau pun klub.

Di level internasional, Zidane merupakan pemain kunci ketika Prancis meraih gelar juara Piala Dunia 1998. Dia juga ikut mengantarkan Prancis menjuarai Euro 2000.

Di level klub, dia pernah membawa Real Madrid dan Juventus. Kedua klub itu pernah dia bawa meraih gelar juara di kompetisi domestik masing-masing, Liga Spanyol dan Liga Italia. Dia juga pernah sekali merasakan gelar jaura Liga Champions saat berseragam Los Galacticos.

“Sekarang semuanya telah berubah, segalanya jadi lebih cepat, dan untuk para pemain, mereka tidak lagi takut membuat kesalahan,” ujarnya.

Editor
Novel Damapoli
Sumber Berita
Tempo

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker