Khawatir Ada Konflik Kepentingan, KPU Tak Lagi Undang Menteri di Debat

Abadikini.com, JAKARTA – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pramono Ubaid Tanthowi mengungkapkan, para menteri kabinet tidak diundang lagi pada debat Pilpres keempat. Pasalnya, para menteri adalah pembantu presiden sehingga dikhawatirkan ada konflik kepentingan pada saat Jokowi sebagai capres petahana berdebat.

“Posisi menteri adalah pembantu presiden. Presiden adalah calon petahana. Dikhawatirkan muncul konflik kepentingan. Jadi, mungkin ada baiknya menteri-menteri ini tidak dihadirkan di acara debat,” ujar Pramono seusai rapat “Evaluasi Debat Ketiga dan Persiapan Debat Keempat dan Kelima Pemilu 2019” di Lantai 2, Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta, Selasa (19/3/2019).

Pramono mengatakan, sebenarnya menteri tidak diundang lagi di debat sudah disepakati oleh TKN Jokowi-Ma’ruf Amin dan BPN Probowo-Sandiaga sebelum penyelenggaraan debat ketiga. Bahkan, kata dia, sebenarnya sudah diterapkan pada debat ketiga, tetapi karena undangan sudah terkirim ke menteri terkait tema, sehingga tidak bisa ditarik kembali.

“Ya sebenarnya itu sudah disepakati sejak sebelum debat ketiga, tapi waktu persiapan debat ketiga itu kita kan sudah terlanjur disebar sehingga ok, tentu tidak mungkin kalau kita menarik undangan yang sudah kita sampaikan menteri-menteri,” terang dia.

Pramono mengatakan, rencananya undangan akan diprioritaskan pada perguruan tinggi atau kelompok masyarakat yang terkait langsung dengan kepentingan debat keempat. Pramono tidak mempermasalahkan jika para menteri diundang oleh tim paslon.

“(Menteri tidak diundang) sejauh ini yang sudah disepakati sehingga mudah-mudahan itu juga bisa diterima oleh semua tim,” pungkas dia.

Diketahui, debat keempat akan diselenggarakan di Hotel Sangrila pada 30 Maret 2019. Debat akan mempertemukan Capres 01 Joko Widodo dan Capres 02 Prabowo Subianto. Tema debat keempat adalah ideologi, pemerintahan, keamanan, dan hubungan internasional. Debat keempat Pilpres ini akan disiarkan secara langsung oleh Metro TV, SCTV, dan Indosiar.

Sementara debat kelima akan diselenggarakan di Hotel Sultan pada 13 April 2019. Debat ini akan mempertemukan pasangan capres-cawapres, yakni pasangan Jokowi-KH Ma’ruf Amin dan Prabowo-Sandi. Tema debat kelima Pilpres 2019 adalah ekonomi dan kesejahteraan sosial, keuangan, investasi, dan industri. Empat stasiun TV yang akan menayangkan debat kelima yaitu TVOne, ANTV, BeritaSatu, dan Net TV.

Editor
Tonny F
Sumber Berita
beritasatu

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker