Bolehkah Mengonsumsi Telur Setiap Hari?

Abadikini.com – Telur merupakan makanan yang paling sering diperdebatkan untuk dikonsumsi setiap hari. Sebab, bagian kuning telur disebut-sebut dapat meningkatkan kolesterol dan berkontribusi pada penyakit jantung.

Namun, menurut Health, beberapa tahun terakhir, banyak dokter dan ahli gizi telah mematahkan mitos soal bahaya mengonsumsi telur. Hal ini juga bisa dilihat pada banyak penelitian.

Ambil misal, menurut Peter Schulman, MD, seorang ahli jantung dan profesor kedokteran di University of Connecticut. Dia bilang telur memang mengandung kolesterol tinggi, namun tidak berhubungan terhadap jantung.

“Benar bahwa telur memiliki tingkat kolesterol makanan yang tinggi. Sekitar 185 mg dalam satu telur besar. Tetapi itu tidak selalu merupakan hal yang buruk,” kata Schulman dilansir Health.

Sculman bilang, mengonsumsi telur sangat mungkin meningkatkan kadar kolesterol seseorang. Namun, telur akan meningkatkan kolesterol HDL (baik), bukan kolesterol LDL (buruk).

“Telur meningkatkan HDL ke tingkat yang lebih besar daripada LDL. Justru telur mampu mengurangi penyakit kardiovaskular,” ujar dia.

Schulman juga mengatakan tidak ada hubungan mengonsumsi telur dengan penyakit jantung. Justru sebaliknya, dalam studi baru yang diterbitkan jurnal Heart menunjukkan bahwa makan telur memiliki efek perlindungan terhadap jantung.

Studi tersebut menyebut bahwa orang yang mengonsumsi satu butir telur per hari memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung hingga 11 persen. Orang yang mengonsumsi sebutir telur setiap hari juga memiliki risiko kematian yang lebih rendah hingga 18 persen.

“Mereka juga memiliki risiko 26 persen lebih rendah mengalami stroke hemoragik,” ujar dia.

Studi itu memeriksa kesehatan sekitar 500 ribu orang di Tiongkok. Dalam penelitian itu, memang ditemukan ada hubungan antara jantung dengan konsumsi telur. Namun penelitian itu hanya bisa menunjukkan hubungan yang terkait manfaat. “Bukan hubungan sebab-akibat,” sambung dia.

Kata dia, ada banyak alasan bagus untuk makan telur setiap hari. Sebab telur kaya akan vitamin E, lutein, selenium, dan folat, yang memainkan peran penting dalam kesehatan otak, penglihatan, dan memerangi peradangan dalam tubuh.

Telur juga mengandung protein dengan kadar sekitar 6 gram setiap buritnya. Hal ini mampu membantu menekan rasa lapar dan membuat yang mengonsumsi telur merasa kenyang selama berjam-jam. “Jika orang berusaha menurunkan berat badan, yang terpenting adalah makan sarapan yang enak,” tandas Schulman.

Editor
Sulasmi
Sumber Berita
Medcom

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker