Hasil Lab Disebar Andi Arief, RSKO Cibubur Tolak Tanggung Jawab

Abadikini.com, JAKARTA – Rumah Sakit Ketergantungan Obat atau RSKO Cibubur menolak bertanggung jawab atas beredarnya hasil pemeriksaan urine politikus Andi Arief yang berbunyi negatif narkoba. Rumah sakit, sekalipun membenarkan melakukan pemeriksaan itu, meminta Andi Arief bertanggung jawab sepenuhnya.

“Jadi saudara Andi Arief mengupload di sosial medianya hasil pemeriksaan kami dan itu menjadi tanggung jawab pasien sendiri,” ujar Direktur Utama RSKO, Azhar Jaya di kantornya, Senin (11/3/2019) dikutip dari Tempo.

Azhar membenarkan jika pada Jumat lalu Andi Arief mendatangi RSKO dan menjalani serangkaian pemeriksaan. Saat itu Andi Arief ditemani oleh pengacara dan penyidik dari Bareskrim Polri. Rangkaian pemeriksaan itu belakangan diketahui hasilnya lewat laporan laboratorium nomor 298 0803190298 yang diunggah Andi Arief keesokan harinya.

Menurur Azhar, dokumen itu menjadi bagian dari kerahasiaan pasien yang harus dijaga rumah sakit. itu sebabnya dia mengatakan, “Terkait pemberitaan media sosial hasil pemeriksaan tes urine Andi Arief di RSKO Cibubur yang hasilnya negatif kami tidak tidak mengkonfirmasi dokumen tersebut.”

Seperti diketahui hasil pemeriksaan tersebut bertolak belakang dengan kesimpulan kepolisian dan Badan Narkotika Nasional sebelumnya bahwa mantan staf khusus presiden di era Susilo Bambang Yudhoyono itu positif narkoba jenis sabu. Pemeriksaan dilakukan tak lama setelah penggerebekan di sebuah kamar hotel di Jakarta Barat pada Minggu 3 Maret. Saat itu, bersama penangkapan, didapati barang bukti alat isap sabu.

Tentang perbedaan hasil tes terhadap Andi Arief itu, Azhar berkomentar sangat wajar. Menurut dia sifat zat aktif dalam sabu hanya terdeteksi dalam urine satu atau dua hari setelah pemakaian yang terakhir. “Kalau diperiksa setelah dua hari dari pemakaian maka kemungkinan tes urine negatif,” ujarnya.

Editor
Muhammad Saleh

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker