Facebook Ungkap Hacker Ukraina Pakai Kuis Akses Data Pribadi

Abadikini.com, JAKARTA – Sepasang hacker asal Ukraina, Andrey Gorbachov dan Gleb Sluchevsky, diungkap menggunakan kuis dan survei online untuk mendapatkan data-data pribadi lewat media sosial Facebook. Hal itu diungkapkan Facebook lewat keterangan resminya.

‘Mereka menggunakan kuis dan survey dengan judul seperti , “Apa warna matamu menceritakan tentang kepribadianmu?”, untuk mendapatka keuntungan mengakses data pribadi pengguna Facebook dan menargetkan para pengguna dengan iklan-iklan dari yang tak berwenang,’ demikian pernyataan perusahaan media sosial berbasis di Amerika Serikat tersebut seperti dikutip dari CNN, Minggu (10/3).

Beberapa data pribadi yang dicuri hacker-hacker itu adalah kontrol atas peramban internet pada komputer, informasi privat pada akun Facebook, dan daftar kawan-kawannya termasuk yang disembunyikan dari Publik.

Atas ulah para hacker tersebut, Facebook pun melayangkan gugatan hukum yang didaftarkan di California pada Jumat (8/3) lalu.

Apa yang telah terjadi itu pun mengingatkan kenangan akan skandal Cambridge Analytica yang bekerja untuk pemenangan Donald Trump dalam Pilpres Amerika Serikat pada 2016 silam. Perusahaan data itu disebutkan telah mengumpulkan data Facebook hingga puluhan juta pengguna di Amerika Serikat tanpa diketahui masing-masing pengguna.

Cara pencurian datanya pun serupa dengan yang dilakukan duo asal Ukraina baru-baru ini, yakni dengan menggunakan kuis atau survey daring di media sosial Facebook.

  • 7
    Shares
Editor
Selly
Sumber Berita
CNN Indonesia
Topik Berita

Baca Juga