5 Komedian Terbaik Sepanjang Masa

Abadikini.com- Dalam dunia sinema ataupun perfilman, sudah sejak lama genre komedi muncul ke pemukaan. Bahkan, adapula tokoh-tokoh yang namanya begitu melekat karena kelucuannya, seperti Charlie Chaplin, Mr. Bean, dan masih banyak lagi.

Seiring perkembangan zaman, tentu muncul banyak tokoh komedian. Tetapi tidak semuanya melekat. Berikut ini, beberapa tokoh komedian yang terbaik sepanjang masa. Mungkin Anda familier salah satunya?

Groucho Marx 

Photo by Insomnia Cured Here on Flickr

Groucho Marx adalah legenda komedi Amerika yang terkenal lewat film-film komedinya yang sarat akan parodi serta kritik sosial. Dia memulai karirnya sebagai penulis serta penampil komedi panggung di Broadway sebelum berkecimpung di Hollywood.

Selama karirnya di Hollywood, Marx membuat 26 film yang hampir kesemuanya sukses. Kebanyakan filmnya berasal dari naskah panggung yang sudah lebih dulu meledak di Broadway, seperti “The Cocoanuts” dan “Animal krackers”. Sementara film lain dengan naskah asli justru lebih sukses lagi, sebut saja “Duck Soup”, “You Bet Your Life”, dan “A Night At The Opera”. 

Ciri khas dari film-filmnya adalah bobot naskahnya yang baik, hampir setiap kalimat yang keluar dari tokoh-tokoh dalam filmnya memiliki makna yang dalam. Banyak di antara lawakan-lawakan dalam filmnya pun masuk ke dalam “100 Kutipan Film Terbaik Versi AFI” (American Film Institute).

Selain itu, karakter yang dibentuk Marx lewat alis, kacamata, serta kumisnya yang khas pun begitu kuat, ditambah cara bicara dan cara berjalannya yang juga unik. Sampai saat ini, Groucho Marx telah mengilhami banyak seniman dari berbagai macam genre.

Salah satunya Woody Allen yang banyak terinspirasi darinya dalam membuat film, begitu juga dengan band legendaris Queen yang terinspirasi membuat album “A Night At The Opera” gara-gara film Marx yang berjudul sama.

Charlie Chaplin

Photo by Insomnia Cured Here on Flickr

Sir Charles Spencer Chaplin atau yang lebih dikenal dengan nama Charlie Chaplin merupakan master komedi, aktor, sekaligus sutradara film asal Inggris yang begitu populer di era film bisu. Sosok Charlie Chaplin dengan kumis yang khas, topi, dan juga tongkatnya merupakan salah satu karakteristik paling populer di dunia.

Namun ternyata karir seorang Charlie Chaplin begitu berliku. Bahkan masa kecilnya pun begitu tragis. Setelah ayahnya meninggal dan ibunya masuk rumah sakit jiwa, Charlie terpaksa harus tinggal di rumah penampungan orang-orang miskin. Hidupnya mulai berubah setelah bersama kakaknya ia merantau ke Amerika Serikat dan menjadi komedian panggung.

Karirnya terus menanjak hingga ia bisa tampil dalam satu film komedi berjudul “Making a Living”. Dari sana, Charlie semakin dikenal serta terus mendapatkan tawaran bermain film komedi. Setelah cukup sukses, ia mulai membuat film-filmnya sendiri seperti “The Kid”, “The Gold Rush”, “Circus”, “The City Lights”, “Modern Times”, hingga film “The Great Dictator” yang kesemuanya sukses.

Atas prestasinya, Charlie pun diganjar Piala Oscar untuk kategori “Special Award” dan dikenang sebagai salah satu komedian paling legendaris di dunia.

Rowan Atkinson

Photo by Jack on Flickr

Rowan Atkinson merupakan Profesor Komedi lulusan Fakultas Teater Oxford University Inggris yang dikenal sebagai salah satu aktor komedi sekaligus stand-up komedian terbaik di dunia.

Karir komedi seorang Rowan Atkinson dimulai ketika dia menjadi stand-up komedian keliling pada tahun 70an hingga mempunyai drama komedi sendiri di Radio BBC tahun 1980an dengan judul “The Atkinson People”. Setelah namanya cukup dikenal, Atkinson pun mendapatkan tawaran untuk bergabung dengan serial TV komedi “Not The Nine O’Clock News”. 

Lewat acara itu, nama Rowan Atkinson menjadi begitu terkenal di Inggris. Dia dikenal dengan gaya berkomedinya yang mengandalkan ekspresi wajah jenaka serta lawakan-lawakan black comedy yang tak terduga. Karirnya semakin gemilang lewat serial TV komedi “The Black Adder” yang memparodikan kisah sejarah eropa. Serial tersebut bahkan masuk dalam “Daftar 100 Serial TV Terbaik Yang Pernah Ada”. 

Walau sudah begitu sukses, nama Rowan Atkinson justru baru begitu meledak lewat karya-karya terakhirnya seperti Serial TV “Mr.Bean” serta Serial Film “Johnny English“. Rowan Atkinson sendiri mengakui bahwa kini nama “Mr.Bean” lebih dikenal daripada nama “Rowan Atkinson” dan itu menurutnya sungguh ironis.

Walau demikian, ia bangga telah meraih berbagai macam pencapaian yang luar biasa dalam karirnya. Lewat “The Black Adder”, dia mendapatkan banyak penghargaan. Lewat serial “Mr.Bean” yang hanya berisikan 14 episode, dia mendapatkan banyak uang dan ketenaran yang tak pernah ia bayangkan sebelumnya.

Stephen Chow

Photo by Rjanag on wikipedia

Stephen Chow atau yang bernama asli Chow Sing-Chi ini merupakan aktor sekaligus sutradara dan produser film komedi asal Hong Kong. Memulai karirnya sejak tahun 80an sebagai bintang sinetron lokal di Hong Kong, karir Chow menanjak ketika membintangi film “Final Justice” pada tahun 1988. Sukses di film pertamanya membuat nama Chow melambung sampai-sampai ia mendapatkan tawaran untuk membintangi 10 film sekaligus pada tahun 1989.

Kemudian dia dikenal luas sebagai aktor komedi yang handal lewat film “Curry and Pepper” pada tahun 1990. Pada tahun 1990 ini, dia bahkan membintangi 15 film sekaligus! Salah satunya adalah filmnya yang paling sukses yakni “God of Gamblers” (di Indonesia dikenal dengan judul “Dewa Judi“). Karirnya kian menanjak lewat film-film actioncomedy yang begitu sukses seperti “Fight Back to School”, “The Royal Tramp”, “From Beijing with Love”, “The God of Cookery”, hingga “King of Comedy”. 

Di era 2000an, bukannya meredup, sinar Chow justru semakin terang. Lewat film-film yang dia produseri, sutradarai, sekaligus bintangi sendiri seperti “Shaolin Soccer”, “Kung Fu Hustle”, “CJ7”, hingga “The Mermaid”, nama Stephen Chow semakin mendapatkan pengakuan. Kini, Stephen Chow dikenal sebagai aktor sekaligus sutradara komedi terbaik di abad 21 dengan ciri khas film-filmnya yang absurd dan kartunis.

Eddie Murphy

Photo by MyCanon on wikipedia

Eddie Murphy merupakan aktor, penulis, sekaligus produser komedi asal Amerika Serikat yang terkenal berkat penampilannya sebagai polisi di film “Beverly Hills Cop” dan pengisian suaranya sebagai keledai di film “Shrek“. Dia juga populer lewat serial-serial komedinya di layar televisi Amerika seperti “Saturday Night Live“, “Eddie Murphy Delirious“, dan “What’s Alan Watching?”.

Menurut cinemablend.com, Eddie Murphy merupakan aktor dengan penghasilan paling tinggi ke-5 di Amerika Serikat (di bawah Morgan Freeman, Tom Hanks, Samuel Leroy Jackson, dan Harrison Ford), hal itu juga menjadikannya sebagai komedian dengan penghasilan paling tinggi pertama di Negeri Paman Sam tersebut.

Back to top button