Inilah Alasan Kenapa Milenial Perlu Tahu Makna Decacorn

Abadikini.com – Apa yang kamu banggakan sebagai seorang milenial? Pastinya ada banyak hal, ya. Mulai dari pengetahuan soal musik, pelajaran sekolah atau kuliah untuk yang masih menempuh pendidikan, hingga hal-hal terkini yang beredar di sosial media. Intinya, nggak boleh kudet tentang berbagai hal yang terjadi di dunia ini.

Perkembangan dunia digital sendiri juga nggak main-main, terus melesat meninggalkan yang nggak mau ikutan maju bersama mereka. Jadi nggak heran kalau ada banyak hal tentang teknologi informasi yang masih terlalu asing buat negara berkembang seperti Indonesia, termasuk istilah-istilah yang biasa digunakan di dalamnya.

Salah satu yang saat ini lagi ramai diperbincangkan adalah istilah decacorn. Sebagai kunci jawaban, decacorn adalah status yang disematkan kepada startup atas prestasi mereka yang mampu berkembang 10 kali lebih besar dari unicorn. Sementara unicorn sendiri adalah perusahaan rintisan yang berhasil mencapai valuasi sebesar USD 1 miliar, alias 1,4 triliun Rupiah. Jadi kalau decacorn berarti valuasinya adalah USD 10 miliar atau 14 triliun Rupiah.

Jangan cuma tahu valuasinya saja. Sebagai anak hits yang nggak boleh ketinggalan jaman, ketahui juga alasan kenapa kamu harus tahu makna dari istilah decacorn.

Biar Nggak Kudet

Sebagai generasi milenial penerus bangsa, startup sudah menjadi komoditas umum yang makin diketahui oleh kalangan muda. Jadi nggak heran pula bila omongan tentang decacorn bakal mampir di tengah acara nongkrong kamu dan teman-teman.

Biar nggak kelihatan kudet, ngerti dikit tentang decacorn pasti nggak ada salahnya, kan? Kayak yang disebutkan di atas, yaitu perusahaan rintisan yang valuasinya mencapai USD 10 miliar atau 14 triliun Rupiah.

Anak Muda Jaman Sekarang Paham Startup

Idealisme anak muda jaman sekarang beda dengan generasi-generasi pendahulunya. Kalau dulu kemapanan itu diukur dari jabatan di kantor, generasi sekarang lebih suka dengan tantangan. Bagi mereka, mendirikan perusahaan sendiri lewat startup justru dianggap lebih keren. Memulai dari nol dengan modal seadanya, serta mengembangkan perusahaan itu hingga menjadi decacorn bakal menjadi sebuah kebanggaan yang begitu besar.

Sebagai Inspirasi

Pencapaian decacorn itu sangat luar biasa. Bayangkan, memiliki sebuah startup dengan valuasi USD 10 miliar! Nggak hanya tentang materi, tapi juga tanggung jawab besar yang diemban karena perusahaan decacorn itu sudah dianggap sangat besar. Tanggung jawab terhadap diri sendiri untuk membawa startup ke level yang lebih tinggi dari decacorn, serta tanggung jawab pada orang lain, termasuk investor, anak buah, hingga mitra-mitra kerja.

Bisa dibilang, menjadi decacorn itu nggak lagi soal dirimu sendiri. Kamu harus melibatkan orang lain agar bisa mencapai pada tahapan tersebut. Seperti Grab, yang menjadi decacorn pertama di kawasan Asia Tenggara, yang terus jaga kualitas pelayanan demi kepuasan pengguna, sekaligus agar mampu menembus level yang lebih tinggi dari unicorn.

Pertama kali muncul di tahun 2012 dalam format GrabTaxi, Grab terus memberikan inovasi demi memenuhi kebutuhan pengguna. Layanan yang diberikan Grab pun beragam, mulai dari ride hailing seperti GrabBike dan GrabCar, financial technology seperti GrabPay dan GrabRewards, sampai market place yaitu GrabExpress, GrabFood dan GrabFresh.

Maka tak heran jika Grab menjadi Super App terkemuka di Asia Tenggara yang menawarkan solusi sehari-hari dengan layanan transportasi, pengiriman barang dan makanan, pembayaran mobile dan hiburan digital. Dengan filosofi platform terbuka yang diusung, Grab menyatukan para mitra untuk membuat hidup lebih baik.

Grab adalah decacorn (super unicorn) yang memberikan layanan terbaik untuk pengguna, dengan tarif terjangkau, sekaligus menawarkan efisiensi kepada konsumen mereka. Aplikasi Grab sendiri tercatat sudah mencapai lebih dari 138 juta download dan mencetak lebih dari 9 juta micro entrepreneur di seluruh jaringan mereka.

Editor
Selly
Sumber Berita
Merdeka

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker