FBR Ajak Warga Betawi Tak Pilih PKS di Pemilu 2019

Abadikini.com, JAKARTA – Forum Betawi Rempug (FBR) menegaskan penolakan terhadap calon wakil gubernur (cawagub) DKI dari PKS. FBR menyatakan akan meminta warga Betawi tak memilih PKS jika tetap memaksakan dua kadernya jadi cawagub.

Sekretaris FBR Koordinator Wilayah Jakarta Selatan, Tri Ariadi, mengatakan Ketua Umum FBR sudah mengantongi nama cawagub yang diinginkan. Namun, Tri mengatakan tak tahu-menahu soal nama tersebut.

“Mungkin untuk selatan sendiri belum bisa mengasih jawaban, soalnya ini keputusan tetep ada di tangan ketum. Jadi apa-apa yang kita uraikan musti harus sepengetahuan ketum. Jadi tetep kalau untuk wakilnya nanti tetep pusat yang akan memberitahukan posisinya,” kata Tri di Kopi Politik, Jl Pakubuwono VI, Kebayoran Baru, Jaksel, Sabtu (2/3/2019).

“Kalau dari FBR belum ada nama. Tapi kalau dari ketum sudah ada. Kalau untuk dibocorin mungkin mendekati masa pemilihan,” sambungnya

Dia mengatakan alasan kriteria dari cawagub yang diinginkan FBR yakni sosok yang peduli dengan warga Betawi. Tri mengatakan FBR tak mempersoalkan asal usul suku cawagub tersebut.

“Konkretnya ya lebih paham gitu loh, lebih paham tentang masyarakat Betawi itu seperti apa. Jadi kalau cuma sekedar pilihan dari partai, kemungkinan juga nggak bisa jadi patokan juga. Jadi dia juga harus dari kalangan bawah sendiri, dia tahu juga gimana kita, kebudayaan kita seperti apa, nah itu yang nanti jadi pilihan kita bang,” ucapnya.

FBR sudah menyampaikan penolakan ini sejak akhir Februari lalu. FBR memasang spanduk pernyataan menolak cawagub PKS yang dipasang di berbagai lokasi.

FBR menolak karena mengaku tak kenal dengan dua nama cawagub PKS yakni Ahmad Syaikhu dan Agung Yulianto. Tri mengaku sampai saat ini belum tahu ada komunikasi antara PKS dengan FBR.

“Setahu saya, belom ada (pertemuan). Setahu saya belum ada. Sebab ketum sendiri, makanya kita bikin seperti ini karena memang ini yang kita minta gitu. Biar dia mau perduli sama kita juga. Apa sih sebenernya maunya masyarakat Jakarta, gitu,” tuturnya.

Dalam acara ini, FBR Korwil Jaksel juga membacakan pernyataan sikap yang berisikan lima poin. Berikut bunyi pernyataan sikap mereka:

“PERNYATAAN SIKAP FORUM BETAWI REMPUG (FBR)

Bismillahirrahmanirrahim.

Assalamualaikum Wr. Wb.

Menyikapi penolakan Wakil Gubernur DKI Jakarta dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) oleh Forum Betawi Rempug (FBR). Dengan ini kami dari FBR wilayah Jakarta Selatan menyatakan sikap yaitu:

  1. Sesuai arahan Ketua Umum, kami FBR wilayah Jakarta Selatan menolak Wagub yang diusulkan oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS).
  2. Sejauh ini kami belum mengenal dua nama yang diusulkan oleh PKS, karena pada proses pencalonan oleh partai tidak melibatkan masyarakat.
  3. Jika PKS memaksakan dua nama untuk Wagub DKI, maka kami FBR akan mengkampanyekan warga Betawi tidak memilih PKS di Pileg 2019 nanti, suara kami FBR akan diberikan ke partai lain.
  4. Kami FBR menginginkan sosok yang benar-benar peduli terhadap masyarakat Betawi khususnya dan masyarakat Jakarta secara umum.
  5. Kami menginginkan Wagub DKI Jakarta yang bisa bekerja sama dengan Gubernur saat ini untuk memajukan Jakarta dan bersama sama menjaga ketertiban dan kedamaian ditengah-tengah masyarakat.

Demikian pernyataan sikap ini kami buat, kami harap ini bisa menjadi perhatian serius bagi PKS dalam melakukan pencalonan untuk Wagub DKI Jakarta.

Betawi “Rempug”

FBR “Hidup”

Yang kurang ajar “Hajar”

Jakarta, 2 Maret 2019

Salam Hormat

  1. Solahudin Yasin

Ketua FBR Jakarta Selatan

Editor
Bobby Winata
Sumber Berita
detik

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker