Saudi Lucuti Kewarganegaraan Putra Osama Bin Laden

Abadikini.com, JAKARTA – Arab Saudi melucuti kewarganegaraan dari Hamza bin Laden, putra pemimpin Al Qaeda yang dibunuh, Osama bin Laden.

Hal itu disampaikan oleh Kementerian Dalam Negeri Saudi salam sebuah pernyataan (Jumat, 1/3). Dalam pernyataan itu dijelaskan bahwa kewarganegaraan Hamza telah dilucuti sejak November tahun lalu, namun baru kali ini diumumkan kembali.

Sebelumnya Departemen Luar Negeri Amerika Serikat mengeluarkan permyataan pada Kamis (28/2) yang menyatakan bahwa pihaknya menawarkan hadiah hingga 1 juta dolar AS untuk informasi yang mengarah pada identifikasi atau lokasi di negara mana pun dari Hamza.

Hamza, yang diyakini berusia sekitar 30 tahun, berada di pihak ayahnya di Afghanistan sebelum serangan 11 September dan menghabiskan waktu bersamanya di Pakistan setelah invasi pimpinan Amerika Serikat ke Afghanistan mendorong banyak kepemimpinan senior Al Qaeda di sana.

Diperkenalkan oleh kepala baru organisasi Ayman al-Zawahiri dalam sebuah pesan audio pada tahun 2015, Hamza memberikan suara yang lebih muda untuk kelompok militan.

Dia telah menyerukan tindakan terorisme di ibukota Barat dan mengancam akan membalas dendam terhadap Amerika Serikat atas pembunuhan ayahnya.

Dia juga mengancam akan menargetkan orang Amerika di luar negeri dan mendesak suku-suku Saudi untuk bersatu dengan Al Qaeda Yaman di Semenanjung Arab untuk berperang melawan Arab Saudi.

Osama bin Laden sendiri diketahui dibunuh oleh pasukan khusus Amerika Serikat yang menggerebek kompleksnya di Pakistan pada tahun 2011. Hamza dianggap berada di bawah tahanan rumah di Iran pada saat itu, dan dokumen-dokumen yang ditemukan dari kompleks tersebut mengindikasikan bahwa para ajudan telah berusaha menyatukannya kembali dengan ayahnya. **

Editor
Muhammad Saleh
Sumber Berita
RMOL

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker