Kalahkan Thailand, Indonesia Juara Piala AFF U-22

Abadikini.com, PHNOM PENH – Indonesia meraih gelar Piala AFF U-22 2019, pada partai final di Stadion Nasional, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (26/2/2019) malam, pasukan Indra Sjafri menang 2-1 atas Thailand yang merupakan juara bertahan. Setelah bermain imbang tanpa gol pada paruh pertama, Thailand mengejutkan kubu Indonesia ketika menjebol gawang Awan Setho pada menit ke-57. Saringkan Promsupa bisa memanfaatkan tendangan bebas timnya untuk menghasilkan gol.

Indonesia memberikan respons yang sangat bagus karena hanya berselang dua menit, mereka bisa menyamakan skor. Sani Rizki melepaskan tendangan keras yang membentur kepala Marco Ballini dan berbuah gol bagi Garuda Muda. Bak kesetanan, Indonesia kian bergairah melancarkan serangan setelah gol tersebut.

Alhasil, Indonesia mencetak gol kedua pada menit ke-63 lewat sundulan Osvaldo yang menyambut umpan tendangan bebas dari sisi kiri pertahanan Thailand. Skor 2-1 bertahan hingga laga usai dan Indonesia langsung juara dalam debutnya pada turnamen ini.

Piala AFF U-22 merupakan edisi kedua. Sebelumnya, turnamen ini bernama Piala AFF U-23 yang pertama kali digelar pada 2005 di mana Thailand menjadi juara setelah menang 3-0 atas Singapura dalam partai final di Stadion Thai Army Sports, Thailand. Sejak 2006 hingga 2018, kompetisi ini tidak digulirkan.

Hasil ini pun menghadirkan sejarah bagi Indra Sjafri karena untuk kali kedua dia membawa tim muda Indonesia meraih gelar juara. Sebelumnya, Indra mengantarkan timnas U-19 Indonesia juara Piala AFF U-19 2013.

Susunan pemain

Timnas U-22 Indonesia: Awan Setho; Firza Andhika, Bagas Adi Nugroho (C), Nurhidayat, Asnawi Mangkualam; Gian Zola, M Luthfi Kamal, Sani Rizki Fauzi; Witan Sulaeman, Marinus Wanewar, Osvaldo Haay

Pelatih: Indra Sjafri

Timnas U-22 Thailand: Korraphat Nareechan; Kritsada Nontharat, Chatchai Saengdao, Sampan Kesi, Marco Ballini, Patcharapol Intanee, Saringkan Promsupa (C); Sakunchai Saengtopho, Jaroensak Wonggom, Jedsadakorn Kowngam, Tanpisit Khukhalamo

Editor
Novel D
Sumber Berita
kompas

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker