5 Teknologi yang Diprediksi Semakin Canggih Tahun 2019

Abadikini.com – Teknologi terus berkembang seiring berjalannya zaman. Kemajuan yang dialami masyarakat saat ini, memiliki tujuan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari yang semakin canggih. Tanpa mengikuti perkembangan teknologi, seseorang bakal merasa repot dalam menjalani aktivitas.

Berdasarkan definisi, teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Perkembangan ini telah memperkecil hambatan manusia untuk berinteraksi secara bebas dalam skala global.

Tak dapat dipungkiri bahwa teknologi telah mempengaruhi masyarakat dan sekelilingnya dalam banyak cara, sebagai contoh membantu memperbaiki ekonomi. Berbagai macam penerapan ini, telah memengaruhi nilai suatu masyarakat. Bagaimanan dengan Anda sendiri?

Perkembangan teknologi masih berlangsung hingga menciptakan objek-objek teknik. Hal itu dapat membantu manusia dalam pengerjaan sesuatu agar lebih efisien dan cepat. Sebagai contoh, simak 5 teknologi yang diprediksi bakal semakin canggih pada tahun 2019 sebagai berikut:

  1. Artificial Intelligence (AI)

Artificial Intelligence, atau disingkat AI, telah banyak diperbincangkan dalam beberapa tahun terakhir. Tak pelak, pembahasan ini terus menjadi tren untuk disimak karena efeknya pada bagaimana kita hidup, bekerja dan bermain hanya lewat satu kali sentuhan.

AI mengacu pada sistem komputer yang dibangun untuk meniru kecerdasan manusia dan melakukan tugas-tugas seperti pengenalan gambar, ucapan atau pola dan pengambilan keputusan. AI dapat melakukan tugas-tugas ini lebih cepat dan lebih akurat daripada manusia.

Penggunaan AI telah dimaksimalkan sejak 1956 silam dan terus digunakan sejak saat itu. Faktanya, lima dari enam orang di dunia telah menggunakan layanan AI setiap hari. Bentuknya termasuk aplikasi navigasi, layanan streaming, asisten pribadi ponsel cerdas, dan lain-lain.

Selain penggunaan konsumen, AI digunakan untuk menjadwalkan kereta, menilai risiko bisnis, memprediksi pemeliharaan, dan meningkatkan efisiensi energi di antara banyak tugas penghematan uang lainnya. Kecanggihan AI telah mencapai tahap hampir sempurna.

Para ahli mengatakan bahwa teknologi akan menghapuskan 73 juta lebih banyak pekerjaan pada tahun 2030. Hal ini dimulai dari tahun 2019 sekarang, di mana berbagai aktivitas akan diciptakan dalam pengembangan, pemrograman, pengujian, dukungan dan pemeliharaan.

  1. Keamanan Siber

Keamanan siber mungkin tidak tampak seperti teknologi baru, mengingat ia sudah ada sejak beberapa tahun silam. Namun, fitur tersebut diperkirakan akan terus berkembang seperti halnya teknologi lain. Ada banyak hal, kenapa aspek keamanan siber amat dibutuhkan oleh banyak pihak di era modern sekarang.

Para peretas yang mencoba secara ilegal mengakses data, tidak akan menyerah dalam membobol sistem. Tak pelak, para pakar tengah berusaha membangun keamanan siber. Beberapa aspek dari kemajuan tersebut adalah otentikasi perangkat keras, teknologi cloud, dan lainnya.

Sebagai bukti kuatnya kebutuhan para profesional kemanan siber, jumlah pekerjaan cybersecurity tumbuh tiga kali lebih cepat daripada pekerjaan teknologi lainnya. Hasilnya, diprediksi bahwa kami akan memiliki 3,5 juta pekerjaan  yang tidak terisi pada tahun 2021.

Banyak pekerjaan keamanan siber dibayar di atas 2 digit. Jenis profesi dapat berkisar mulai dari peretas etis, insinyur keamanan hingga Chief Security Officer dengan menawarkan jalur karier yang menjanjikan bagi seseorang yang ingin masuk dan tetap dengan jalur ini.

Tahun 2019 adalah eranya keamanan informasi ketat. Saat ini, semua perusahaan mencoba untuk mendapatkan data sebanyak mungkin, tetapi mereka tidak peduli dengan keamanan data. Meski begitu, kebocoran data besar-besaran diprediksi masih akan berlanjut selama 2019.

  1. Blockchain

Teknologi blockchain memiliki potensi besar untuk mengubah model operasi bisnis dalam jangka panjang. Potensi Ia mampu menciptakan pondasi baru untuk sistem ekonomi dan sosial global. Penggunaan blockcain juga menjanjikan efisiensi yang signifikan.

Blockchain meminimalkan kebutuhan untuk trust service provider dan diprediksi memerlukan sedikit modal. Secara singkat, tekonologi ini berpotensi mengurangi risiko sistemik dan penipuan keuangan dengan mengotomatisasi proses yang sebelumnya menguras waktu.

Beberapa hal yang sebelumnya dilakukan secara manual, seperti pengelolaan transaksi bisnis bersifat dalam jejaring, dapat dilakukan secara otomatis lewat blockchain Secara teori, pemungutan pajak, dan penyediaan manajemen risiko segala macam usaha.

Meski kebanyakan orang berpikir tentang blockchain dan kaitannya dengan cryptocurrency seperti Bitcoin, namun teknologi yang satu ini menawarkan keamanan signifikan dalam banyak cara  Blockchain dapat digambarkan sebagai data yang hanya dapat Anda kelola sendiri.

Selain itu, blockchain digerakkan secara mandiri, sehingga tidak ada satu entitas pun yang dapat mengendalikan data. Lewat teknologi blockchain, Anda tidak memerlukan pihak ketiga tepercaya untuk mengawasi atau memvalidasi transaksi.

Keamanan yang tinggi ini adalah alasan blockchain digunakan untuk cryptocurrency, dan mengapa blockchain dapat memainkan peran penting dalam melindungi informasi seperti data medis pribadi. Blockchain dapat digunakan untuk secara drastis meningkatkan rantai pasokan global serta melindungi aset seperti seni dan real estat.

  1. Virtual Reality dan Augmented Reality

Meski Vitrual Reality (VR) digunakan untuk permainan, namun ia juga telah digunakan untuk pelatihan, seperti halnya dengan VirtualShip, perangkat lunak simulasi yang digunakan untuk melatih kapten kapal Angkatan Laut AS, Angkatan Darat dan Penjaga Pantai. Sementara itu, contoh Augmented Reality (AR) dapat dilihat lewat game Pokemon.

Keduanya memiliki potensi besar dalam pelatihan, hiburan, pendidikan, pemasaran, dan bahkan rehabilitasi setelah cedera. Entah dapat digunakan untuk melatih dokter untuk melakukan operasi, VR dan AR menawarkan pengalaman beda dibanding teknologi terdahulu.

Ada banyak pemain utama di pasar VR, seperti Google, Samsung, dan Oculus. Tak pelak, kini terdapat banyak startup yang menawarkan produk jasa tersebut. Penggunaan VR tidak membutuhkan banyak pengetahuan khusus, sehingga mudah dioperasikan.

Sistem yang menggabungkan penglihatan 3D real-time, suara, haptics (indera sentuhan), data lokasi, dan bahkan indera lain seperti penciuman memungkinkan orang untuk membenamkan diri di tempat lain.. Teknologi VR maupun AR kini makin berkembang di segala macam lini.

Saat ini, setiap orang dapat menggunakan teknologi AR atau VR untuk meningkatkan efisiensi kepentingan sehari-hari, membantu berkomunikasi, hingga menikmati serangkaian hiburan nan menarik dengan fitur yang sangat variatif.

  1. Penggunaan Internet

Banyak terkait penggunaan internet yang saat ini sedang dibangun dengan konektivitas WiFi. Internet memungkinkan perangkat, peralatan rumah tangga, menciptakan desain menarik, dan lain-lain. Jumlah pemakai kini telah mencapai 8,4 miliar pada 2017

Banyak pakar memprediksi bahwa penggunaan internet diperkirakan mencapai 30 miliar perangkat pada 2020. Semakin canggihnya teknologi dalam jaringan, bukan tidak bahwa semua hal dapat dilakukan di sana; baik yang bersifat formal, maupun tidak.

Saat ini, lembaga-lembaga membutuhkan banyak tenaga informatika untuk menyokong sejumlah proyek. Namun mirisnya, sebuah survei insinyur menemukan bahwa 25,7 persen kandidat tidak memadai dan malah menjadi hambatan terbesar dalam pertumbuhan industri.

Begitulah kira-kira, 5 teknologi yang diperkirakan bakal semakin canggih pada tahun 2019. Gunakan secara bijak dan sesuai ketentuan agar hasil yan didapat bisa maksimal. Selamat menikmati fitur-fitur mutakhir masa kini!

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker