Tak Hanya Pria, Wanita Juga Alami Tumbuh Rambut di Puting

Abadikini.com – Pada sebagian besar pria, pada area di sekitar puting kerap kali ditumbuhi beberapa helai rambut. Namun secara mengejutkan, kondisi puting berbulu ini juga ternyata bisa dan normal dimiliki oleh wanita.

Pada dasarnya, seluruh tubuh manusia memang ditumbuhi oleh rambut. Jenis rambut ini sendiri ada yang tebal seperti menjadi bulu kaki, kumis, dan lain sebagainya, namun sebagian juga cukup halus dan tipis. Antara satu orang dengan lainnya memiliki perbedaan ketebalan dan pertumbuhan rambut di bagian tertentu.

Walaupun pada wanita tumbuhnya rambut di sekitar wilayah areola ini memang tak umum terjadi, namun hal ini tak mengejutkan. Hanya saja belum ada prosentase yang pasti berapa wanita yang mengalami hal ini karena tak semua melaporkannya.

Timbulnya rambut di area puting ini juga diketahui tak membahayakan kesehatan. Dilansir dari Women’s Health, berikut sejumlah penyebab munculnya rambut di puting wanita.

Perubahan hormon

Fluktuasi pada hormon dapat menyebabkan munculnya berbagai gejala, termasuk rambut puting yang menghitam dan menebal. Fluktuasi ini dapat timbul ketika terjadi perubahan hormonal secara signifikan seperti ketika hamil dan menopause. Perubahan hormonal secara kecil-kecilan dapat terjadi pada wanita usia 20an dan 30an yang dapat menimbulkan perubahan pada rambut juga.

Produksi berlebih hormon testosteron

Wanita juga dapat memiliki hormon testosteron yang umumnya berjumlah melimpah pada pria. Tingginya tingkat hormon ini dapat menimbulkan bermacam gejala seperti tumbuhnya rambut secara tak biasa. Selain itu juga mungkin terjadi kebotakan dengan pola yang sama seperti pria.

Pengobatan

Sejumlah pengobatan yang dilakukan oleh seseorang dapat menyebabkan tumbuhnya rambut di luar kewajaran sebagai efek samping. Beragam pengobatan ini melingkupi testosteron, glucocorticosteroids, dan immunosuppressants.

Sindrom ovarium polikistik

Sindrom ovarium polikistik (PCOS) disebabkan oleh ketidakseimbangan pada hormon reproduksi. Efek samping dari masalah ini bisa berupa tumbuhnya rambut secara berlebihan pada sejumlah bagian tubuh termasuk pada puting.

Sindrom cushing

Meningkat dan tingginya paparan terhadap kortisol tingkat tinggi dapat menyebabkan sindrom cushing. Gejala yang muncul ketika seseorang menderita sindrom cushing ini sama dengan penderita PCOS. Bertumbuhnya rambut serta siklus menstruasi yang tak normal dapat dialami penderita penyakit ini.

Sejumlah hal itu lah yang dapat menyebabkan tumbuhnya rambut pada puting wanita. Lain kali ketika kamu mendapati bahwa muncul rambut pada bagian putingmu, kamu tak perlu takut karena bisa jadi hal ini hanya disebabkan oleh hal kecil.

Editor
Nabila Sarah

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker