BPN Laporkan Jokowi ke Bawaslu, PBB: Jangan Cengeng, Dikit-Dikit Ngadu

Abadikini.com, JAKARTA – Ketua Bidang Pemenangan Presiden Partai Bulan Bintang (PBB), Sukmo Harsono menyayangkan pelaporan terhadap capres nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi) dari Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi kepada Bawaslu.

Laporan itu dibuat setelah Jokowi menyebut Prabowo memiliki lahan ribuan hektare di Kalimantan dan Aceh saat debat Pilpres tahap dua akhir pekan lalu. Menurut dia, pelaporan itu menunjukkan sikap cengeng dan mudah tersinggung. Padahal, Prabowo sendiri sudah mengakui atas kepemilikan tanah itu.

“Saran saya kepada BPN jangan cengeng, dikit-dikit ngadu. Dalam debat itu ada Bawaslu jika Pak Jokowi melanggar aturan debat, Bawaslu berhak untuk menindak tanpa nunggu aduan,” ujarnya dilansir dari laman Okezone, Rabu (20/2/2019).

Sebelumnya, BPN Prabowo-Sandi, melalui Tim Advokat Indonesia Bergerak (TAIB) melaporkan Jokowi karena dianggap melakukan penyebaran fitnah terkait kepemilikan tanah oleh Prabowo.

Jokowi dinilai melanggar Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu Pasal 280 ayat 1 huruf c yang mengatur pelaksana, peserta, dan tim kampanye pemilu dilarang menghina seseorang, agama, suku, ras, golongan, calon dan atau peserta pemilu yang lain.

Sukmo melanjutkan, seharusnya pihak pengadu itu meniru sikap Prabowo yang secara terang benderang memuji kinerja Jokowi selama memimpin Indonesia. Kata dia, pesta demokrasi lima tahunan sangat tak elok bila harus diwarnai dengan aksi lapor-melapor.

“Sikap BPN ini tidak gentlemen seperti Pak Prabowo yang dalam debat setidaknya 6 kali memuji Pak Jokowi karena memang mengakui kinerjanya,” tuturnya.

Jokowi sendiri tak ambil pusing soal pelaporan ke Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) terkait debat kedua calon presiden oleh Tim Advokat Indonesia Bergerak (TAIB). Menurut Jokowi, dirinya dilaporkan ke Bawaslu usai mengikuti debat sudah pernah terjadi.

“Ya, debat yang lalu saya dilaporkan. Kalau debat dilaporin, enggak usah debat aja. Debat, kok, dilaporkan, gimana,” kata Jokowi sembari tertawa usai menghadiri acara Pelepasan Kontainer Ekspor ke 250.000 di pabrik PT Mayora Indah Tbk, Cikupa, Kabupaten Tangerang, Banten, Senin, 18 Februari 2019 lalu.

Editor
Selly Pratiwi
Sumber Berita
okezone

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker