Syarikat Islam Apresiasi Kepedulian ACT untuk Palestina

Abadikini.com, JAKARTA – Ikhtiar Aksi Cepat Tanggap (ACT) untuk terus membantu perjuangan bangsa Palestina mendapatkan apresiasi luas dari tokoh masyarakat, salah satunya dari Hamdan Zoelva yang menjabat sebagai Ketua Umum Pimpinan Pusat/Lajnah Tanfidziyah Syarikat Islam (SI). Apresiasi ini disampaikan Hamdan ketika Tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) bersilaturahmi ke kantor SI pada Rabu (13/2) lalu.

“Bagi saya apa yang dilakukan oleh ACT sangat luar biasa dan patut untuk dihargai. Itu merupakan aksi nyata yang dilakukan dalam rangka kemanusiaan khususnya bagi persaudaraan Islam saat ini. Saya sebagai ketua umum menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang sangat besar terhadap langkah-langkah dan bantuan yang dilakukan oleh ACT dengan upaya ACT mendapatkan donasi dari umat,” ujar Hamdan.

Tak hanya mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh ACT, Hamdan juga mengungkapkan rasa prihatinnya terhadap kondisi rakyat Palestina yang dijajah oleh Israel. Menurutnya, umat Islam lah yang dapat membantu rakyat Palestina yang selalu dirundung duka. Perhatian terhadap Palestina bukan hanya semata-mata karena kemanusiaan tetapi juga karena persaudaraan Islam.

“Ukhuwah Islamiyah ini menjadi tali bagi umat Islam terutama di Indonesia untuk memberikan perhatian kepada Palestina. Kehidupan Rakyat Palestina di sana jauh lebih sulit karena menghadapi intimidasi dan ancaman dari Yahudi Israel. Oleh karena itu permasalahan ini perlu menjadi perhatian umat Islam Indonesia. Apalagi saat ini Palestina juga dihadapkan pada masalah kekurangan bahan  bakar, pangan, dan kekurangan lainnya,” lanjut Hamdan.

Dalam kesempatan tersebut, Hamdan yang pernah menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi Keempat periode 2013-2015 juga mengajak masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam gerakan Indonesia Selamatkan Palestina, bentuk kepedulian ACT dan masyarakat Indonesia terhadap Palestina.

“Mari kita bergabung berpartisipasi dalam gerakan Indonesia Selamatkan Palestina, dalam arti politik yaitu Palestina sebagai negara merdeka. Tapi juga jauh lebih penting dari itu, Paletina sebagai bangsa tetap survive, mereka bisa hidup, anak-anak mereka bisa sekolah dan berpendidikan dan mereka tidak lagi terjerembab dalam kesulitatan ekonomi. Mari Selamatkan Palestina,” pungkas Hamdan.

Seperti yang diketahui, saat ini Palestina sedang menghadapi krisis air bersih, pangan dan energi. Pada tahun 2019 sedikitnya lima rumah sakit pemerintah terancam berhenci beroperasi karena pasokan bahan bakar tidak lagi mencukupi untuk menyalakan listrik. Untuk air bersih, PBB menyebutkan, hanya 10 persen dari dua juta warga Gaza yang memiliki akses air bersih. Sedangkan untuk pangan, berdasarkan data Badan Pangan Dunia menyatakan 22,5 persen atau 1,3 juta orang di Palestina tidak memiliki sarana untuk membeli makanan bergizi.

Melihat permasalahan tersebut, ACT melalui gerakan Indonesia Selamatkan Palestina telah menyalurkan berbagai macam bantuan, mulai dari bantuan pangan, air bersih dan energi. Tentunya, dengan donasi dari masyarakat Indonesia, ACT akan terus berikhtiar membantu Palestina. (r/*)

Editor
Muhammad Saleh

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker