Gunakan 8 Bahan Alami ini untuk Obat Telinga Berdenging

Abadikini.com – Telinga berdenging, atau yang dikenal dengan istilah tinnitus di dunia medis, merupakan sebuah kondisi di mana pasien mengeluhkan terdengarnya suara dengungan yang terjadi secara berulang-ulang dengan intensitas dan durasi yang tidak tentu. Hati-hati! Meskipun bukan merupakan kondisi kesehatan yang serius, namun tinnitus seringkali menandakan adanya penyakit tertentu di dalam tubuh. Lantas, apa yang harus dilakukan demi mengobati telinga berdenging? Selain dengan menjalankan pengobatan dari dokter, Anda juga bisa menggunakan 8 bahan alami ini sebagai obat telinga berdengung.

Berikut daftar bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk obat telinga berdenging:

1. Minyak kelapa

Bahan alami pertama yang dapat digunakan sebagai oabt telinga berdenging adalah minyak kelapa. Hal ini tidak terlepas dari fakta bahwa minyak kelapa kaya akan kandungan antioksidan sehingga ampuh untuk mengurangi dengingan yang dirasa.

Caranya, sisihkan minyak kelapa secukupnya, lalu usapkan ke telinga dengan menggunakan cotton bud. Ingat! Jangan paksa cotton bud masuk terlalu dalam, ya! Karena hal ini justru akan memicu timbulnya iritasi pada telinga.

2. Daun kemangi

Selain dikenal sebagai bahan penyedap makanan, daun kemangi juga ternyata ampuh untuk obat telinga berdenging. Caranya, rebus beberapa lembar daun kemangi, lalu ambil air perasannya. Setelah itu, barulah Anda dapat menggunakan air perasan ini sebagai obat tetes telinga. Mudah, bukan?

3. Sari cuka apel

Ternyata, sifat anti-inflamasi yang terkandung di dalam sari cuka apel membuat bahan alami ini cocok digunakan sebagai obat telinga berdenging. Cara penggunaannya pun sangat mudah, lho! Anda cukup menambahkan 2-3 sendok sari cuka apel ke dalam segelas air hangat. Jika dikonsumsi dengan rutin, cara ini niscaya dapat menyembuhkan tinnitus yang diderita dengan segera.

4. Pisang

Siapa sih yang tidak mengenal pisang? Buah yang kaya akan zat potasium ini ternyata dipercaya banyak pihak dapat dijadikan obat telinga berdenging Caranya, Anda dapat rutin mengonsumsi buah pisang setia hari; baik secara langsung, atau diolah menjadi sajian lainnya.

5. Ginkgo biloba

Tahukah Anda, apa itu gingko bilobaTanaman hijau yang berasal dari daratan Tiongkok ini ternyata sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu sebagai bahan alami yang efektif untuk melancarakan peredaran darah sekaligus meningkatkan fungsi pendengaran.

Cara paling mudah untuk merasakan manfaat ginkgo biloba adalah dengan rajin mengonsumsi obat suplemen yang mengandung ekstrak daun tanaman ini. Anda dapat membelinya di apotek serta toko obat terdekat, lho!

6. Jahe

Bahan alami selanjutnya yang dapat digunakan sebagai obat telinga berdenging adalah jahe. Sama seperti ginkgo biloba, senyawa yang terkandung di dalam jahe juga bermanfaat untuk melancarkan perederan darah ke telinga.

Tertarik mencoba? Yuk, siapkan satu ruas jahe, lalu memarkan. Setelah itu, masukkan jahe ke dalam air panas dan rebus selama 10-15 menit. Minum air rebusan secara rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

7. Bawang putih

Seringakali, tinnitus dipicu oleh udara dingin di sekitar Anda. Jika sudah begitu, segera atasi dengan bawang putih. Caranya, sangrai 2-3 siung bawang putih hingga mengeluarkan minyak. Nah, minyak inilah yang bisa digunakan sebagai obat tetes telinga setiap kali tinnutus mendera.

8. Nanas

Bahan alami terakhir yang dapat digunakan sebagai obat telinga berdenging adalah nanas. Cukup dengan memakannya langsung, atau disajikan sebagai jus; Anda dapat langsung merasakan manfaatnya pada organ telinga.

Itu tadi 8 bahan alami yang dapat digunakan sebagai obat telinga berdenging. Semoga bermanfaat!

Editor
Selly
Sumber Berita
Go Dok
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker