Bank BJB Tingkatkan Layanan Digital di 2019

Abadikini.com – INFO BISNIS : Tahun 2019 tantangan bisnis perbankan akan semakin kompleks. Persaingannya tak lagi hanya dengan sesama bank konvensional, tetapi juga dengan penyedia jasa keuangan yang mengandalkan teknologi sebagai basis bisnis (financial technology). Untuk mengantisipasi hal tersebut bank bjb telah mempersiapkan beberapa strategi dalam menghadapinya.

Strategi tersebut terangkum menjadi lima kegiatan utama yaitu penguatan permodalan untuk mendukung akselerasi bisnis; penghimpunan dana pihak ketiga melalui pengembangan e-channel untuk menjaga likuiditas bank; peningkatan pertumbuhan kredit dengan tetap menjaga kualitas kredit; pengembangan digital banking untuk mengoptimalkan transaksi bisnis; dan memperkuat sinergi bidang supporting.

Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko, Agus Mulyana, mengatakan revolusi industri 4.0 yang berimplikasi terhadap hampir semua aspek bisnis, menjadi tantangan yang dihadapi perbankan termasuk bank bjb. “Perubahan pola bisnis yang didorong oleh tuntutan kebutuhan masyarakat, memaksa industri perbankan untuk berinovasi dalam mengembangkan layanannya,” kata Agus pada acara Business Review Triwulan IV Tahun 2018 bertempat di Crowne Plaza Bandung, 23 Januari 2019.

Namun demikian, lanjut Agus, dibalik tantangan tersebut, terdapat peluang yang justru akan menjadi modal perbankan untuk dapat tumbuh semakin maju dan berkembang. Perbankan harus mampu adaptive dan membuat terobosan serta inovasi yang lebih memudahkan masyarakat. “Juga melakukan penetrasi bisnis, memanfaatkan peluang yang lebih besar hingga pelosok negeri,” ujar Agus.

Dalam menghadapi tingginya penggunaan teknologi, bank bjb akan berupaya untuk meningkatkan layanan digital di tahun 2019 yaitu pengembangan beberapa produk digital baru diantaranya Pengembangan E-Money Server Based untuk transaksi menggunakan QR Code; Mobile Banking yang lebih User Friendly dan penambahan fitur lainnya; Self Service Banking Machine atau E-Kiosk dan transaksi menggunakan Chat Bot; dan Digital laku pandai, New EDC dan virtual assistant.

Selain itu inovasi digitalisasi produk juga dilakukan dalam hal penyaluran kredit UMKM, dengan harapan digitalisasi tersebut akan memperluas skala ekonomi, menciptakan peluang pasar baru serta mempercepat hubungan antara produsen dan konsumen. Hal tersebut sesuai dengan karakter layanan kredit mikro yang menuntut kecepatan, kemudahan dan tanpa agunan.

Bermacam inovasi tersebut merupakan wujud nyata bank bjb sebagai Agent of Development dan bentuk sinergitas antara BUMD dan Pemerintah, khususnya Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang tertuang dalam tagline-nya yaitu “Terwujudnya Jawa Barat Juara Lahir Batin dengan Inovasi dan Kolaborasi.” Komitmen bank bjb akan terus mendukung program-program Pemerintah, dimana bank bjb diharapkan bisa menjadi bank pembangunan dan mendorong penyaluran dana untuk pembiayaan UMKM. (*)

Editor
Muhammad Saleh
Sumber Berita
Tempo
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker