Dua Bulan Jelang Pencoblosan, 01 Masih Unggul 20 Persen

Abadikini.com, JAKARTA – Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis hasil survei terbarunya terkait elektabilitas terbaru pasangan Capres-Cawapres. dengan persentasi pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin masih unggul di atas pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno.

Dalam rilis survei yang diberi tema ‘Pergeseran Dukungan Pilpres di 6 Kantong Suara’, itu peneliti LSI Adjie Alfaraby mengatakan, jelang 2 bulan menuju hari pemungutan suara pasangan 01 masih unggul cukup jauh dibanding rivalnya. Yakni selisihnya masih di sekitar 20 persen.

“Elektabilitas pasangan Jokowi-Ma’ruf masih berada pada angka 54,8 persen. Sementara Prabowo-Sandi 31,0 persen,” ujar Adjie di kantor LSI Rawamangun, Jakarta Timur, Kamis (7/2).

Sementar itu, kata Adjie, masih ada 14,2 persen responden yang belum menentukan pilihan. Kategori  ini yang masih menjadi perebutan kedua pasangan.

Dilansir dari Jawapos, Adjie juga menekankan bahwa pergeseran elektabilitas terjadi di kedua pasangan calon. Baik penurunan maupun peningkatan terjadi terhadap keduanya selama beberapa bulan terakhir.

Hanya saja dari survei yang dilakukan oleh LSI, peegerakan elektabikitas di kedua pasangan calon tidak terjadi signifikan. Hal ini pula yang menjadi penyebab gap antara Jokowi dan Prabowo tetap bertahan di sekitar 20 persen.

“Sejak bulan Agustus 2018 elektabilitas kedua pasangan calon bergerak fluktiatif dari bulan ke bulan, namun tak signifikan baik peningkatan maupun penurunannya,” tegasnya.

Sebagai informasi, survei LSI ini dilakukan dalam periode 18-25 Januari 2019. Survei menggunakan metode multistage random sampling dengan wawancara tatap muka. Responden yang dilibatkan sebanyak 1.200 orang, dengan margin of error 2,8 persen.

Editor
Muhammad Saleh
Sumber Berita
Jawapos

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker