Akbar Tandjung di Ultah HMI: Jokowi Saudara Lafran Pane

Abadikini.com, JAKARTA – Pada peringatan hari ulang tahun Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) ke72 dan syukuran pemberian gelar pahlawan nasional kepada pendiri HMI, Lafran Pane, Ketua Dewan Penasihat Majelis Nasional Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI), Akbar Tandjung mengatakan Jokowi secara tidak langsung telah menjadi saudara bagi Lafran dan orang-orang Tapanuli Selatan. Alasannya, Jokowi bermenantu, Bobby Nasution, yang juga berdarah Tapanuli.

Selain itu, Jokowi dan Lafran memiliki kesamaan, yakni pernah menuntut ilmu di Universitas Gadjah Mada (UGM). “Jadi Pak Jokowi satu almamater dengan Pak Lafran Pane,” ujar Akbar pada acara yang digelar di rumah Akbar di Jakarta Selatan, Selasa, (5/2/2019).

Dalam acara itu, Akbar dan putra Lafran, Iqbal Pane, memasangkan ulos, kain khas Tapanuli ke pundak Jokowi. Pemasangan kain ini, kata Akbar, sebagai tanda terima kasih HMI karena pemerintah telah menetapkan pendiri HMI, Lafran Pane, sebagai pahlawan nasional. Kebetulan, Lafran lahir di Tapanuli Selatan, Sumatera Utara.

“Ulos ini begitu tinggi (nilainya). Bupati Tapanuli Selatan khusus datang ke sini,” kata Akbar Tandjung sambil meminta Bupati menghampiri Jokowi untuk bersalaman.

Pada 9 November 2017, pemerintah secara resmi memberikan gelar pahlawan nasional terhadap empat orang di antaranya Lafran Pane. Lafran Pane yang berasal dari Yogyakarta diberi gelar pahlawan bukan karena terlibat peperangan, namun karena mendorong pertumbuhan gerakan pemuda di Indonesia, yaitu HMI.

Lafran mendirikan HMI pada November 1946, bersama 14 orang temannya. Waktu itu, Lafran Pane berusia 23 tahun dan masih di tingkat pertama Sekolah Tinggi Islam (kini UII) Yogya.

Editor
Tonny F
Sumber Berita
tempo

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker