Nuriyatmi, Penderita Kanker ini Butuh Uluran Tangan Masyarakat

Abadikini.com, TIDORE – Kondisi Nuryatmi, warga Desa Bale (47), Kecamayan  Oba, Kota Tidore , Maluku Utara, penderita kanker payudara dan pembengkakan mata ini sangat memprihatinkan. Ibu dua anak ini hanya bisa terbaring diatas tempat tidur lantaran penyakit yang diderita telah menguasai tubuhnya.

Suami Nuryatmi, yakni Anto saat dikonfirmasi media ini melalui sambungan telephone, mengatakan, penyakit yang diderita istrinya itu sejak tahun 2011 lalu sudah dilakukan pengobatan ringan, namun tidak membuahkan hasil. Pengobatan terus dilakukan, hingga pada tahun 2012, di RSU dok Dua Jayapura, operasi besar pun dilakukan, Nuryatmi terpaksa harus kehilangan payudara bagian kanannya,Senin (4/2/2018).

Sementara, mata yang saat ini mengalami pembengkakan, Anto menceritakan, berawal dari iritasi ringan, akibat debu yang menempel di mata istrinya. “Kata dokter hanya iritasi, akhirnya di kasi obat tetes mata dan segala bentuk obat mata lainnya. Lama-lama dia mulai timbul bengkak sampai 2014 awal dan bertahan di sana dan cari obat ke dokter tetap dengan alasan iritasi tapi sudah ada bengkak,” ungkap Anto, tak kuasa menahan tangis.

Meski begitu, Ayah dua anak ini tidak putus asa, upaya penyembuhan terus dilakukan, walaupun hingga kini belum ada perubahan.

Melihat kondisi yang tetap stagnan, Anto kemudian memutuskan untuk kembali ke kampung halaman, yakni di Desa Bale, Kota Tidore untuk melakukan pengobatan tradisional. Pasalnya, biaya untuk berobat di rumah sakit sudah tidak ada lagi.

“Proses itu karena tidak ada perubahan masi sama terus, akhir 2014 torang (kami-red) pulang di Desa Bale berobat karena tak ada biaya, alternatifnya obat kampong (Tradisional),” ucap Anto.

Saat ini, tidak ada lagi daya untuk membawa Suryatmi ke rumah sakit, satu-satunya jalan hanya bertahan dengan pengobatan tradisional sambil menunggu belas kasih para dermawan.

“Sampai saat ini belum bisa bawa ke rumah sakit untuk operasi karena tidak ada biaya, saya ingin mengetuk hati teman semua  khusunya pemerintah tidore agar dapat meringankan beban kami dan semoga Allah juga mengetuk pintu hati mereka.”harapnya.

Bagi masyarakat, yang terketuk hatinya untuk bantu meringankan beban keluarga Anto dan Suryatni, bisa langsung menghubungi nomor Anto 081354650239.

Sementara itu, Pemerintah Kota Tidore bakal membantu Ibu Nuryatmi penderita penyakit kanker,Warga Desa Bale Kecamatan Oba Kota Tidore Kepulauan, hal tersebut sebagaimana disampaikan Sekertaris Daerah Kota Tidore Kepulauan Drs.Asrul Sani Soleiman kepada wartawan diruang kerjanya

Asrul Sani saat ditemui diruang kerjanya mengatakan bahwa, terkait dengan hal tersebut belum ada laporan dari pihak pemerintah Desa maupun Puskesmas setempat ke Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan,hanya dirinya bakal membantu Ibu Nuryatmi,” Ini masalah kemanusiaan, dan harus dibantu,” ungkap Sekda.

Selain itu dirinya juga berharap kepada pihak keluarga agar bisa membuat laporan ke pemerintah daerah dalam bentuk permohonan untuk bisa dibantu,” Saya akan perintahkan Dinas Sosial dan Bagian Kesra untuk melihat itu secara jelas, dan laporan secara jelas, barang kali kita akan memberikan bantuan,” kata Asrul.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra-red) Setda Kota Tidore, Sahnawi Ahmad, kepada wartawan saat dihubungi via pesan WhatsApp,Ia meminta agar pihak keluarga bisa membuat permohonan bantuan ke pemerintah Kota Tidore Kepulauan dalam hal ini di Bagian Kesra.

Editor
Muhammad Saleh

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker