Merger WhatsApp, Instagram dan Facebook Waspadai Perlindungan Data Pribadi

Abadikini.com, JAKARTA – Rencana Facebook untuk menggabungkan platform pengiriman pesannya telah menarik perhatian otoritas perlindungan data Irlandia. Baru-baru ini, raksasa media sosial itu mengumumkan akan merekayasa ulang WhatsApp , Instagram dan Facebook Messenger sehingga pengguna di ketiga aplikasi akan dapat saling berkomunikasi.

Artinya, perusahaan akan menggabungkan data yang telah dikumpulkannya dari miliaran pengguna platform terpisah untuk pertama kalinya.

Tidak mengherankan, Komisaris Perlindungan Data Irlandia (DPC) sangat ingin berbicara dengan Facebook. Dalam sebuah pernyataan yang dirilis minggu ini, pengawas mengatakan ingin mengadakan pertemuan mendesak dengan para pemimpin perusahaan teknologi tersebut.

“Kami memahami bahwa proposal Facebook untuk mengintegrasikan platform Facebook, WhatsApp, dan Instagram berada pada tahap pengembangan konseptual yang masih sangat awal, DPC Irlandia telah meminta Facebook Irlandia untuk memberikan pengarahan singkat tentang apa yang sedang diusulkan,” tulis pernyataan tersebut.

“DPC Irlandia akan meneliti dengan seksama rencana Facebook saat mereka berkembang, terutama sejauh menyangkut keterlibatan dan penggabungan data pribadi antara berbagai perusahaan Facebook.”

Usulan sebelumnya untuk berbagi data antara perusahaan Facebook telah memunculkan keprihatinan perlindungan data yang sangat rahasia. DPC Irlandia akan mencari jaminan awal bahwa semua masalah seperti itu akan sepenuhnya diperhitungkan oleh Facebook dalam mengembangkan proposal ini lebih lanjut.

Basis utama Facebook di UE adalah di Irlandia, itulah sebabnya pengawas Irlandia memimpin kasus ini. Namun, petugas perlindungan data lainnya akan mengawasi dengan seksama.

Menurut sebuah laporan dikutip Metro dari New York Times, WhatsApp, Instagram dan Facebook Messenger masih akan berfungsi sebagai aplikasi mandiri, tetapi akan digabung sehingga obrolan dan pesan dapat lewat di antara keduanya. Mark Zuckerberg menganggap integrasi sebagai proyek pribadi dan itu akan berlangsung tahun depan.

Semua pesan yang dikirim antara ketiga aplikasi akan dienkripsi, sehingga hanya pengirim dan penerima yang dapat melihatnya. Dalam sebuah pernyataan, Facebook mengatakan bahwa pihaknya sedang berupaya membuat lebih banyak produk perpesanan mereka terenkripsi dan mempertimbangkan cara-cara untuk membuatnya lebih mudah menjangkau teman dan keluarga di seluruh jaringan.

“Seperti yang Anda harapkan, ada banyak diskusi dan debat saat kami memulai proses panjang untuk mencari tahu semua detail tentang bagaimana ini akan bekerja. Integrasi dapat menjadi perubahan besar bagi pengguna,” tulis pernyataan Facebook.

Saat ini, WhatsApp hanya memerlukan nomor telepon untuk mengatur akun, sedangkan Facebook mengharuskan orang menggunakan identitas asli mereka.

Editor
Novel Damapoli
Sumber Berita
Suara

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker