Manfaat Jantung Pisang untuk Kesehatan Anda

Abadikini.com,- Pisang oh pisang. Siapa tak kenal buah yang satu ini? Selain mengenyangkan, pisang juga populer akan manfaat kesehatannya, mulai dari membantu mengontrol tekanan gula darah hingga meminimalisir kemungkinan Anda terkena kanker.

Nah, tahukah Anda bahwa buahnya bukanlah satu-satunya bagian bermanfaat dari pisang? Jantung pisang, alias banana’s flower atau banana’s bud, cukup populer di kawasan Asia Tenggara sebagai lauk makanan. Tak hanya itu, jantung pisang ternyata juga memiliki segudang manfaat kesehatan. Mau tahu apa saja?

Yuk, simak daftar manfaat jantung pisang berikut ini!
1. Menjaga kesehatan jantung

Layaknya buah pisang, jantung pisang juga kaya akan potasium. Zat ini merupakan salah satu kandungan diet yang sangat disarankan dalam menjaga kesehatan jantung.

Pasalnya, potasium dapat berperan secara alami untuk menurunkan tekanan darah di dalam tubuh Anda, yang notabene merupakan salah satu penyebab utama lemahnya kesehatan jantung.

2. Mencegah dan mengobati infeksi

Manfaat jantung pisang untuk kesehatan yang kedua memiliki kaitan erat dengan kandungan ethanol yang ada di dalamnya. Ethanol yang terkandung dalam jantung pisang dapat membantu dalam mencegah bakteri patogenik tumbuh dan berkembang di dalam tubuh Anda.

Hasilnya, infeksi bakteri yang sedang Anda derita bisa jadi lebih cepat sembuh. Bahkan, ekstrak dari jantung pisang bisa membantu dalam mencegah pertumbuhan bakteri parasit penyebab malaria, lho!

3. Melawan radikal bebas

Manfaat jantung pisang yang ketiga adalah melawan radikal bebas yang terbentuk saat tubuh terekspos zat yang membahayakan, seperti radiasi sinat matahari atau asap polusi. Pasalnya, jantung pisang memiliki kandungan antioksidan dan vitamin C yang mampu mengusir radikal bebas dari tubuh Anda.

4. Memberi tubuh asupan vitamin dan mineral

Tentunya Anda tahu bahwa tubuh yang sehat perlu disokong oleh asupan vitamin dan mineral yang kuat. Nah, jantung pisang memiliki semua itu.

Selain vitamin C, jantung pisang juga mengandung vitamin A dan E, serta kaya akan serat tannin, flavonoid, dan potasium yang merupakan sumber nutrisi sehat bagi tubuh.

5. Melancarkan menstruasi

Banyak yang tidak tahu bahwa salah satu manfaat jantung pisang untuk kesehatan adalah memperlancar jalannya menstruasi. Banyak wanita yang mengalami ketidakteraturan dalam jadwal menstruasi, entah itu terlalu cepat, terlalu lambat, terlalu banyak, atau terlalu sedikit.

Penyebab paling umum dari kondisi ini adalah rendahnya kadar progesteron di dalam tubuh Anda. Nah, jantung pisang mampu mengatasi hal ini dengan cara meningkatkan produksi hormon progesteron dan mengatur hormon wanita sehingga siklus menstruasi pun datang dengan lebih teratur.

6. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Seringkali pencernaan Anda terganggu dengan masalah layaknya sakit maag, mual, kembung, atau konstipasi. Kebanyakan hal ini disebabkan oleh kurang bagusnya makanan yang Anda konsumsi. Nah, salah satu manfaat jantung pisang adalah memperbaiki hal ini.

Jantung pisang mengandung serat larut (soluble fiber) -yang mempercepat jalannya pencernaan dan membuat prosesnya lebih efisien- serta serat tidak larut (insoluble fiber) -yang memperlancar proses pembuangan air dan mencegah konstipasi. Hebat, bukan?

7. Memperbaiki suasana hati

Tahukah Anda bahwa jantung pisang kaya akan magnesium? Zat ini dapat membuat tubuh Anda yang stres menjadi lebih relaks dan santai secara natural. Hasilnya, Anda bisa tidur lebih nyenyak di malam hari, yang merupakan kunci dalam mengurangi stres yang dialami tubuh.

Dengan turunnya stress level Anda, maka akan semakin baik pula suasana hati Anda dalam menjalani hari-hari, bukan?

8. Mengurangi berat badan

Manfaat jantung pisang yang terakhir adalah sebagai menu diet tepat bagi Anda yang tengah berusaha mengurangi berat badan. Pasalnya, jantung pisang kaya akan serat serta nutrisi yang dibutuhkan tubuh, serta mengenyangkan untuk dikonsumsi.

Hasilnya, pencernaan Anda berjalan lancar dan tidak perlu mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat guna mengenyangkan perut. Sederhana, bukan?

Nah., itu dia 8 beragam manfaat yang akan Anda rasakan dari rajin mengonsumsi olahan dari jantung pisang. Semoga bermanfaat, ya!

Editor
Selly
Sumber Berita
Go Dok
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker