Benarkah WA Bagi-bagi Kuota Gratis? Jubir WhatsApp: Hoaks

Abadikini.com, JAKARTA – Beredar pesan melalui aplikasi WhatsApp bahwa aplikasi besutan Facebook itu merayakan ulang tahun ke 10 dengan membagikan kuota internet gratis sebanyak 35 gigabita (GB) dengan mengharuskan penggunanya untuk masuk dalam sebuah laman. “WhatsApp Ulang Tahun ke 10: Dapatkan 35 GB internet gratis untuk operator seluler Anda untuk digunakan dalam 6 bulan. Minta sekarang di https://fitedetox.club/id-35gb,” begitu bunyi pesan yang beredar di WhatsApp.

WhatsApp memberikan konfirmasi bahwa informasi yang beredar itu bohong. “Itu hoaks, enggak ada sama sekali,” ujar juru bicara whatsApp, saat dihubungi Tempo melalui pesan singkat, Jumat, 25 Januari 2019. “Waspada terhadap link broadcast seperti itu. Pengguna harus teliti terhadap setiap link yang dicantumkan.”

Menurut WhatsApp, jika link resmi, baik dari WhatsApp atau aplikasi milik Facebook, akan dicantumkan menggunakan nama setiap aplikasinya. “Kalau resmi dari kami, linknya pasti link kita juga, semisalnya facebook.com atau whatsapp.com,” kata WhatsApp seperti dikutip dari Tempo, Sabtu (26/1/2019).

Sebelumnya, sebuah pesan juga beredar yang menyatakan bahwa WhatsApp akan dikenakan biaya setelah diakuisisi oleh Facebook dan pesan tersebut menyertakan berita Tempo.co yang ditulis pada 2014. Pesan palsu itu sudah beredar lama, namun terus muncul hingga saat ini.

“Kelihatan kalau pesannya tidak benar. Sebenarnya dari peredaran pesan yang sudah lama itu dan sampai hari ini tidak ada perubahan di aplikasi WhatsApp,” ujar Lead Communication Facebook Indonesia Putri Dewanti saat dihubungi melalui pesan singkat, 3 April 2018.

Dalam pesan tersebut pengguna diminta untuk menyebarkan pesan kepada 10 pengguna lainnya. Dan setelah itu logo WhatsApp akan berubah warna menjadi biru dan layanannya gratis. Jika tidak, pengguna harus menanggung biaya sebesar 0,01 Euro (Rp 170) per pesan.

Editor
Selly
Sumber Berita
Tempo

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker