Waspada, Kasus DBD di Jakarta Meningkat Pesat

Abadikini.com, JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut kasus Demam Berdarah Dengeu (DBD) awal 2019 di Ibu Kota mengalami peningkatan. Dia mengatakan pada awal 2018 sebanyak 198 kasus, sedangkan hingga 23 Januari 2019 tercatat 370 kasus.

“Paling enggak awal tahun ini meningkat pesat di sekeliling ibu kota dan juga ibu kota,” kata Anies di Dinas Teknis, Jakarta Pusat, Rabu (23/1).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengaku telah melakukan koordinasi dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Menurut Anies, data dari kementerian pimpinan Nila Moeloek adanya peningkatan jumlah kasus DBD.

Tak hanya itu, Anies juga mengimbau agar seluruh jajaran Dinas Kesehatan melakukan langkah antisipasi terhadap kasus DBD tersebut. Seperti halnya pengasapan hingga pengecekan melalui juru pemantau jentik atau jumantik.

“Kemudian juga kita meminta kepada seluruh warga untuk mengecek di rumah masing-masing. Bila anda menyaksikan ada genangan itu dibersihkan,” jelasnya.

Sebelumnya, Intensitas hujan di Jakarta mulai tinggi. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta pun melakukan berbagai upaya guna mengantisipasi munculnya Kejadian Luar Biasa (KLB) Demam Berdarah Dengue (DBD) di ibu kota.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Widyastuti mengatakan pihaknya terus melakukan berbagai tindakan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif di wilayah Jakarta secara keberlanjutan.

“Masyarakat diharapkan juga mampu terlibat aktif dalam rangka mewaspadai dan mengantisipasi penyakit DBD di Jakarta,” kata Widyastuti.

Editor
Muhammad Irwan
Sumber Berita
Merdeka

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker