Selebgram Kehilangan Ribuan Followers, Polda Kalsel Surati Provider Medsos

Abadikini.com, BANJARMASIN – Direktur Reserse Kriminal Khusus Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Selatan (Kalsel), Kombes Rizal Irawan, mengakui pihaknya dimintai bantuan oleh Noviana Sitorus. Selebgram asal Kota Banjarmasin ini mengaku kehilangan ribuan followers di akun Instagram pribadinya: @via.sitorus17.

“Kami merespons permintaan warga bernama Noviana Sitorus yang mengaku kehilangan ribuan followers. Kami akan kembangkan dan mempelajari lagi, apakah data milik Noviana itu hilang akibat kesalahan dirinya sendiri atau memang ada pihak lain yang sengaja mengambil (hacker),” kata Kombes Rizal Irawan dilansir dari laman banjarhits.id, Rabu (23/1/2019).

Rizal menduga, ada kemungkinan penyebab hilangnya ribuan followers ini adalah tindakan sengaja dari orang yang mengutak-atik ponsel atau hendak mengganti ponsel. Sebab, banyak faktor memicu hilangnya followers di media sosial.

“Bisa saja terjadi orang mengutak atik ponsel, mau mengganti ponsel. Kami masih akan pelajari dan kembangkan,” ucap Kombes Rizal.

Ia menyebutkan, kemungkinan lainnya adalah akun @via.sitorus17 diretas orang lain. Selain itu, kata Rizal, ada kemungkinan ini semua terjadi akibat kelalaian dari sang pemilik akun Instagram itu sendiri. “Misalnya, terlalu aktif dan sering men-share foto dan data ke orang lain,” ucap Rizal Irawan.

Rizal juga mengatakan, sang selebgram ini hanya meminta bantuan back up ke Reskrim Cyber Crime Polda Kalsel agar akun miliknya tersebut dapat kembali.

“Kami akan mengusahakan, kami akan menghubungi provider masing-masing, misalnya ke IG (Instagram), Twitter, Facebook, dan lainnya yang ada kantor perwakilannya di Jakarta,” ucapnya.

Rizal hanya membikin surat yang berisi agar identitas pemilik akun dikembalikan. Menurut dia, hal ini bisa juga dilakukan oleh orang per orang. Intinya, lanjut Rizal, setiap orang secara pribadi sebenarnya bisa membuat surat laporan ke Facebook, Instagram, Twitter, dan lainnya karena sudah ada kantor perwakilannya di Jakarta.

Pihaknya masih mengembangkan dan mempelajari lagi apa data itu hilang akibat kesalahan pemilik atau ada pihak lain yang sengaja meretas.

“Semua kemungkinan itu masih akan kami pelajari dan kembangkan,” katanya.

Agar kasus seperti ini tak terulang lagi, Rizal mengimbau para pengguna medsos lebih hati-hati ketika mengunggah foto, video, dan lainnya. Menurutnya, pemilik akun medsos jangan mengumbar nomor handphone dan password secara vulgar ke lini masa.

“Kasus ini menjadi kajian tim cyber Polri, karena kasusnya tergolong baru dan jarang terjadi. Bukan pencurian karena datanya di-hack orang saja,” katanya.

Noviana Sitorus mengaku ratusan ribu followers di akun Instagram @via.sitorus17 miliknya tiba-tiba lenyap. Ia sudah memakai Instagram sejak Oktober 2016.

Editor
Bobby Winata

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker