Besok Ahok Bebas, Jokowi Mengaku Belum Ada Rencana Bertemu

Abadikini.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyambut baik bebasnya terpidana kasus penistaan agama Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Ahok rencananya akan bebas murni pada Kamis 24 Januari 2019, besok.

Jokowi menyatakan bahwa Ahok telah menjalani proses hukum dan pidana penjara. Ahok telah mendekam di balik jeruji besi sejak Mei 2017, setelah divonis dua tahun penjara karena terbukti menodai agama Islam.

“Inikan Pak Ahok kan sudah menjalani proses hukum. Pak Ahok juga sudah menjalani hukuman dan besok sudah bebas,” ujar Jokowi di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta Pusat, Rabu (23/1/2019).

Jokowi sendiri mengaku belum memiliki rencana bertemu Ahok setelah bebas. “Belum ada rencana (bertemu Ahok),” ucap Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok akan bebas dan menjalani masa hukuman pada 24 Januari 2018 mendatang. Polri menyatakan, tidak ada pengamanan khusus saat Ahok keluar dari sel tahanan Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat nanti.

“Untuk pembebasan Pak Ahok, itu masuk domain Ditjen Pas. Langkah kepolisian hanya monitoring saja,” ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di kantornya, Jakarta, Senin (21/1/2019).

Peran kepolisian, kata Dedi, hanya mengantisipasi adanya pergerakan massa simpatisan Ahok di sekitar Mako Brimob. Polisi mengantisipasi berbagai potensi kerawanan yang ditimbulkan dari kumpulan massa tersebut.

Sebelumnya, Ahok meminta para pendukungnya tidak melakukan penyambutan pada hari bebasnya nanti. Imbauan itu ia sampaikan melalui surat yang diunggah di akun Instagram @basukibtp.

Dia tidak ingin penyambutan tersebut justru menggangu aktivitas dan ketertiban masyarakat lain. Apalagi jika massa pendukung sampai bermalam di tepi jalan.

Editor
Selly Pratiwi
Sumber Berita
merdeka

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker