Insiden Tabrakan Jet Tempur Rusia, Satu Pilot Tewas

Abadikini.com – Dua jet tempur Rusia Sukhoi SU-34 bertabrakan di atas Laut Timur atau Laut Jepang dalam sebuah latihan pada Jumat (18/1/2019). Satu pilot dinyatakan tewas, sementara seorang pilot lainnya berhasil diselamatkan dalam operasi evakuasi di perairan timur jauh Rusia.

Mengutip Kementerian Pertahanan (Kemhan), kantor berita Rusia melaporkan satu pilot “sudah tak memiliki tanda-tanda kehidupan” ketika ditemukan.

Sementara itu, saluran televisi Zvezda melaporkan pilot yang selamat telah dievakuasi melalui udara ke Khabarovsk untuk mendapatkan perawatan medis.

Dikutip AFP, Komisi Investigasi Rusia memaparkan kecelakaan dua jet pengebom SU-34 itu terjadi dalam sesi latihan penerbangan di dekat Selat Tartary, perairan di timur negara itu.

Kedua jet tempur bertabrakan sekitar 35 kilometer dari garis pantai timur Rusia. Menurut media lokal, para pilot pesawat mampu keluar dari jet sebelum bertabrakan.

Komite tersebut mengatakan telah membuka investigasi kriminal dalam penyelidikan insiden ini.

Hingga kini, jumlah pilot yang hilang masih sumir. Sebelumnya, media lokal melaporkan bahwa dua pilot berhasil diselamatkan. Namun, tak lama aparat berwenang mengatakan hanya satu pilot yang berhasil ditemukan.

Zvezda memaparkan hingga kini operasi pencarian dan penyelamatan yang melibatkan enam kapal, tiga helikopter, dan tiga pesawat masih berlangsung di tengah cuaca buruk. (ak/cnn)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker