Walikota Asal Polandia Ditikam di atas Panggung Konser Amal

Abadikini.com, GDANSK – Walikota Gdansk di Polandia mengalami luka parah akibat ditikam di atas panggung saat berlangsung acara amal terbesar di negara itu. Dilansir dari BBC, Pawel Adamowicz langsung dilarikan ke rumah sakit usai kejadian itu. Sayangnya, pria berusia 53 tahun itu masih berada dalam kondisi kritis pascaoperasi yang berlangsung selama 5 jam.

Menurut dokter Tomasz Stefaniak, direktur kesehatan di University Clinical Centre di Gdansk, Adamowicz menderita luka yang sangat serius di perutnya usai terjadinya serangan itu. Saat operasi berlangsung, walikota malang itu mendapat transfusi sebanyak 41 kantung darah.

“Dia masih dalam kondisi yang sangat serius. Jam-jam berikutnya akan sangat menentukan hidupnya,” ungkap Stefaniak pada Senin (14/1) pagi hari.

ersangka yang berumur 27 tahun pun kini telah ditangkap. Pria itu diketahui punya catatan kriminal. Saat kejadian, tersangka berteriak kalau dirinya telah menjadi korban salah tangkap pada pemerintahan sebelumnya yang dikuasai partai pendukung Adamowicz.

Insiden itu terjadi di akhir acara Great Orchestra Of Christmas Charity yang dihadiri ratusan orang. Rekaman televisi memperlihatkan tersangka yang baru saja keluar dari penjara berteriak, “Matilah Adamowicz!”. Tak hanya itu, ia juga mengaku telah disiksa di dalam penjara.

Menurut laporan media Polandia, pria itu bisa naik ke atas panggung lantaran punya tanda pengenal media, tetapi kabar ini belum dikonfirmasi oleh otoritas terkait.

Insiden penikaman itu sangat mengejutkan warga Polandia. Adamowicz adalah tokoh politik terkenal yang memimpin kota Gdansk, salah satu kota terbesar di Polandia. Walikota yang populer itu dikenal sebagai figur liberal dan mendukung hak minoritas.

Menteri dalam negeri Joachim Bridzinski mengatakan serangan itu sebagai perbuatan barbar. Sementara itu, Perdana Menteri Mateusz Morawiecki mengecam keras insiden itu lewat unggahan Twitter.

Presiden Andrzej Duda juga memohon doa dari seluruh warga Polandia untuk kesembuhan Adamowicz.

“Masih ada harapan meskipun kondisinya sangat kritis,” ucap orang nomor satu di Polandia itu lewat media sosial Twitter. (ak/akurat)

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker