Orang Dekat Pangeran MBS Lenyap

Abadikini.com, RIYADH – Tidak ada kabar tentang Saud Al Qahtani. Pria yang diduga sebagai ”sutradara” pembunuhan keji Jamal Khashoggi pada 2 Oktober 2018 itu menghilang. Tujuh pekan lalu, jaksa penuntut umum Saudi menyatakan sedang menyelidiki peran Qahtani dalam kasus yang menyedot perhatian dunia tersebut.

Sampai hari ini, status Qahtani tidak jelas. Orang dekat Putra Mahkota Saudi Muhammad bin Salman (MBS) itu diyakini tidak termasuk dalam 21 orang yang ditahan Saudi. Namanya juga tidak tercantum dalam daftar 11 terdakwa yang pekan lalu menjalani hearing.

”Mereka (Saudi) melindungi para pemain kunci pembunuhan itu,” ungkap Direktur Eksekutif Arab Centre of Washington Khalil Jahshan kepada Al Jazeera. Salah seorang yang dilindungi adalah Qahtani.

Mengutip keterangan seorang warga, NDTV melaporkan bahwa Qahtani terlihat di Kota Jeddah belum lama ini. Seorang saksi lain, pegawai pemerintahan, pernah melihatnya di salah satu pengadilan di Kota Riyadh. Ditengarai, Qahtani sengaja diminta tinggal di tempat terpencil agar tidak memancing perhatian publik.

Menurut Jahshan, menghilang dari publik seperti yang Qahtani lakukan saat ini merupakan fenomena biasa di Saudi. Biasanya, strategi tersebut digunakan orang-orang berpengaruh atau para penguasa untuk mengamankan posisi. Saksi kunci sengaja dilenyapkan. (ak/jpnn)

Topik Berita