Jokowi Minta BMKG Beli Alat Deteksi Canggih Tsunami

Abadikini.com, BANTEN – Presiden Joko Widodo meminta pengadaan alat-alat deteksi tsunami oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Pengadaan guna mencegah terus timbulnya korban jiwa dari bencana alam tsunami yang terjadi berulang di Indonesia.

“Saya perintahkan BMKG untuk membeli alat-alat deteksi early warning system yang bisa memberikan peringatan-peringatan dini kepada kita semua, kepada masyarakat,” ujar Jokowi di sela-sela meninjau dampak tsunami Selat Sunda di Pantai Carita, Pandeglang, Banten, Senin, (24/12/2018).

Mantan gubernur DKI ini menyampaikan, alat haruslah tipe terbaik sehingga bisa memberi peringatan yang andal. “Supaya masyarakat bisa menghindar,” ujar Jokowi.

Tsunami Selat Sunda terjadi tanpa adanya pertanda dahulu Sabtu malam, 22 Desember 2018. Bencana sejauh ini menyebabkan 281 orang meninggal dunia, 1.016 orang luka-luka, dan 57 lainnya hilang. Sebelumnya, bencana tsunami juga menghantam Palu, Sulawesi Barat, pada September lalu, dan menyebabkan 1.946 orang meninggal dunia. (dor.ak/vv)

Topik Berita

Baca Juga

Back to top button
Close