Elektabilitas Jokowi-Ma’ruf Turun, Kubu Prabowo: Insya Allah Januari Nyalip

Abadikini.com, JAKARTA- Tim pemenangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yakin bisa menyalip Jokowi-Ma’ruf Amin pada Januari 2019. Saat ini, mereka mengklaim elektabilitas mereka tinggal terpaut sekitar empat persen.

Juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Andre Rosiade mengatakan, berdasarkan hasil survei pada November 2018, elektabilitas Prabowo-Sandi sudah mencapai 40 persen.

Sementara pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin 44 persen. Sisanya 16 persen belum menentukan sikap. Namun, Andre tidak menyebut nama lembaga survei yang merilis data tersebut.

“Kalau menurut tren, Insyaallah Januari nyalip Jokowi,” imbuh Andre seperti dikutip dari Detikcom.

Direktur Pencapresan PKS Suhud Aliyudin membenarkan soal angka hasil survei internal mereka. Dia mengakui, Prabowo-Sandi masih kalah saat ini, namun menunjukkan tren positif.

Hasil berbeda diperoleh sejumlah lembaga survei. LSI Denny JA, misalnya. Pada survei yang dilakukan 10-19 November 2018 dengan 1.200 responden, Jokowi-Ma’ruf masih unggul dengan 53,2 persen. Sementara Prabowo-Sandi 31,2 persen.

Median yang melakukan survei pada 4-16 November 2018 dengan 1.200 responden, menemukan elektabilitas Jokowi-Ma’ruf hanya 47,7 persen. Sementara Prabowo-Sandi terus mendekat dengan 35,5 persen.

Jika dibandingkan dengan hasil survei Alvara pada 8-22 Oktober 2018 dengan 1.781 responden, maka elektabilitas Jokowi-Ma’ruf tampak anjlok. Pada Oktober, angkanya 54,1 persen.

Sebaliknya, Prabowo-Sandi menunjukkan peningkatan secara pelan namun pasti. Pada Oktober, elektabilitasnya baru 33,9 persen. Pada November, naik menjadi 35,5 persen. (ak/rkyt)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker