Belalang Goreng Kuliner Berprotein Tinggi khas Yogyakarta

Selain dapat diolah menjadi makanan yang lezat dan gurih, belalang goreng khas Gunungkidul ternyata mengandung protein yang sangat tinggi. Berani mencoba?

Gunungkidul yang naik daun berkat pantai-pantai berpasir putihnya ini ternyata juga menambah perbendaharaan makanan khas Jogja yang cukup unik, yaitu kuliner ekstrim belalang atau walang goreng. Walaupun belum seterkenal gudeg, belalang goreng merupakan makanan khas Gunung Kidul yang mulai mencuri perhatian seiring banyaknya warga yang mengolah belalang menjadi lauk yang lezat. Penjual belalang goreng banyak dijumpai di sepanjang perjalanan menuju tempat-tempat wisata di Gunung Kidul. Mereka biasanya berjualan dengan kios-kios kecil.

Walang yang dalam bahasa Indonesia berarti belalang, sudah menjadi makanan sehari-hari bagi warga Gunung Kidul. Belalang yang merupakan hama bagi tanaman, dan salah satu penyebab dari gagal panennya para petani, ternyata hewan yang kaya akan protein.

Terlebih lagi, kandungan gizi yang terdapat dalam belalang ternyata tidak kalah dibandingkan dengan sumber protein lainnya, seperti daging sapi. Menurut sebagian besar orang yang sudah pernah merasakan belalang goreng, rasa belalang ternyata hampir mirip dengan rasa udang.

Olahan belalang goreng pohon jati

Belalang yang diolah oleh warga adalah jenis belalang kayu. Belalang jenis ini banyak hidup di dahan pohon jati dan semak belukar yang banyak terdapat di sekitar kawasan Gunungkidul. Biasanya penduduk mengolah belalang goreng menjadi 3 varian rasa, yaitu rasa gurih, pedas dan manis.

Untuk mengolah walang goreng menjadi lauk yang lezat rupanya tidak terlalu rumit, bumbu yang digunakan cukup sederhana, yaitu ketumbar, garam dan bawang putih. Tinggal tambahkan beberapa cabai untuk mendapatkan rasa pedas.

Belalang yang lebih banyak ditemukan ketika musim penghujan membuat harga belalang goreng dalam kemasan toples di musim penghujan lebih murah daripada harga pada musim kemarau. Pada musim kemarau, harga satu toples walang goreng adalah IDR 30.000, sedangkan dimusim penghujan harganya adalah IDR 20.000.

Olahan belalang goreng dapat bertahan selama kurang lebih satu bulan. Oleh karena itu, makanan ini cocok dijadikan sebagai oleh-oleh untuk sanak saudara ataupun orang tercinta jika anda berlibur ke Gunungkidul.

Bahayakah mengonsumsi belalang goreng ?

Bagi anda yang tidak memiliki alergi terhadap makanan berprotein tinggi, anda wajib untuk mencicipi kuliner ekstrim khas Gunungkidul ini. Tidak perlu khawatir akan kebersihan makanan olahan ini, karena belalang goreng diolah dengan sangat hati hati, duri-duri yang menempel pada kaki belalangpun sudah disingkirkan sehingga anda tidak akan merasa terganggu ketika menyantapnya. Jeroan dan kotoran belalangpun pastinya juga sudah dibersihkan agar tidak menimbulkan rasa pahit saat dimakan.

Selain itu, makanan ini diolah tanpa menggunakan bahan pengawet, dan sangat terjaga kehigienisannya sehingga aman untuk dikonsumsi. Walaupun rasanya yang gurih dan renyah mampu membuat banyak orang ketagihan, tetapi sebaiknya berhati-hati bagi anda yang memiliki alergi terhadap makanan berprotein tinggi. Mencicipi belalang goreng dapat menyebabkan gatal-gatal dikarenakan tingginya kandungan protein yang dimiliki belalang.

Belalang goreng Pak Gareng

Dari sekian banyak penjual walang goreng, salah satu merk yang paling terkenal adalah merk Pak Gareng. Rasanya yang lezat dan renyah membuat produk walang goreng miliknya banyak dicari. Tidak banyak penjual yang dapat mengolah belalang menjadi makanan yang sangat menggugah selera, terkecuali Pak Gareng. Bumbu rempah-rempah yang digunakan untuk mengolah belalang sangat terasa di lidah. Belalang goreng Pak Gareng hadir dalam 3 macam varian rasa, yaitu gurih, pedas dan bacem.

Seiring kemajuan teknologi, walang goreng Pak Gareng kini bisa dipesan via website. Jika anda tidak memiliki waktu luang untuk pergi ke Gunung Kidul tetapi ngidamrenyahnya belalang goreng, anda tidak perlu khawatir. Majunya teknologi saat ini seakan memanjakan kita karena jauhnya jarak bukan lagi menjadi alasan. Anda cukup memesan makanan ini lewat telepon ataupun website, yang kemudian makanan renyah nan lezat ini akan dikirim langsung menuju rumah anda.

Supaya lebih seru, anda bisa memesan walang goreng untuk dimakan ramai-ramai dengan teman-teman anda. Lumayan nih, bisa buat tantangan bagi yang belum pernah coba dan geli melihat bentuknya!

Cover image source: yogyakarta.panduanwisata.id

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker