Tidak Ada Jakarta di 10 Kota Paling Toleran di Indonesia

Abadikini.com, JAKARTA- Setara Institute memberikan penghargaan kota toleran 2018. Penilaian dilakukan pada 94 kota seluruh Indonesia dan menghasilkan 10 kota yang mendapat indeks kota toleran (IKT) tertinggi di Indonesia.

Ketua Setara Institute, Hendardi, mengatakan IKT bertujuan mempromosikan kota-kota yang mampu mempromosikan toleransi di Indonesia. “Sehingga bisa memicu kota lain mengembangkan toleransi,” katanya di Hotel Ashley, Jakarta Pusat, Jumat (7/12).

Adapun kota dengan penilaian tertinggi IKT adalah Kota Singkawang, Kalimantan Barat. Sembilan kota lain yang masuk dalam 10 kota toleran adalah Salatiga, Pematang Siantar, Manado, Ambon, Bekasi, Kupang, Tomohon, Binjai dan Surabaya.

Kota Singkawang mendapat skor 6, 513 dan dinilai kota yang menerapkan toleransi bahkan sampai RPJMD dan produk hukum lainnya.

Adapun IKT 2018 merupakan IKT ketiga yang sudah digelar Setara Institute. Dibandingkan IKT tahun kemarin, terjadi perubahan signifikan pada kota masuk skor tertinggi yakni dengan masuknya kota Ambon, Bekasi, Kupang, Tomohon dan Surabaya dalam Top Ten kota toleran teratas.

Sementara itu, Mendagri Tjahjo Kumolo mengapresiasi penghargaan yang diselenggarakan Setara Institute. “Saya apresiasi penghargaan kota toleran ini, karena dampaknya bagus,” katanya.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker