Presiden Iran Sebut Israel ‘Rezim Palsu’ yang Didirikan Negara Barat

Abadikini.com, TEHERAN – Presiden Iran Hassan Rouhani menyebut Israel sebagai “tumor kanker” yang didirikan oleh Barat untuk memajukan kepentingan mereka di Timur Tengah. Hal itu diungkapkannya saat berpidato dalam Konferensi Persatuan Islam tahunan.

“Salah satu hasil yang tidak menyenangkan dari Perang Dunia II adalah terbentuknya tumor kanker di wilayah (Timur Tengah),” kata Rouhani seperti dikutip dari ABC News, Minggu (25/11/2018).

Dia melanjutkan dengan menyebut Israel sebagai “rezim palsu” yang didirikan oleh negara-negara Barat.

Lebih jauh Rouhani mengatakan bahwa Amerika Serikat (AS) memupuk hubungan erat dengan negara-negara Muslim regional untuk melindungi Israel, sebuah referensi nyata terhadap saingan regional Iran, Arab Saudi, dan sekutu kerajaan Arab lainnya. Dia mengatakan tunduk pada tekanan Amerika adalah “pengkhianatan.”

Ia menambahkan, bagaimanapun, Iran siap untuk membela Arab Saudi dari terorisme dan kekuatan super.

“Kami menganggap Anda sebagai saudara,” katanya. “Kami menganggap orang-orang Mekkah dan Medinah saudara-saudara kami,” tambahnya, mengacu pada dua kota suci Islam di Arab Saudi.

Arab Saudi memutuskan hubungan diplomatik dengan Iran hampir tiga tahun lalu setelah para pengunjuk rasa Iran menyerbu pos diplomatiknya sebagai tanggapan atas eksekusi kerajaan terhadap seorang ulama Syiah terkemuka. Kedua negara juga mendukung pihak yang berseberangan dalam perang di Suriah dan Yaman. (ak/sindo)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker