Beredar Meme dan Video Hoaks Mahfud MD Dukung Prabowo-Sandi, Mahfud MD: Itu Tahun 2014 Bro

Abadikini.com, JAKARTA – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD menertawakan meme dan potongan video yang beredar di media sosial. Meme tersebut membentuk opini seolah-olah Mahfud mendukung Prabowo-Sandiaga Uno di Pilpres 2019.

Meme yang disertai gambar Mahfud dengan kemeja garis-garis merah disertai narasi bahwa Mahfud mendukung Prabowo agar rakyat terangkat dari keterpurukan.

Menurut Mahfud, narasi pada meme tersebut mungkin dipalsukan dari keramaian Pilpres 2014. Saat itu, Mahfud bersama KH. Maimun Zubair (Sarang) dan Habib Luthfi (Pekalongan) memang pernah diiklankan mendukung Prabowo-Hatta. Hal itu sama dengan video Anies Baswedan yang sekarang beredar, yang mengatakan bahwa Prabowo sama sekali tidak punya jejak dalam perjuangan Islam.

“Itu tahun 2014, bro”, kata Mahfud dalam keterangan rilisnya kepada wartawan, Selasa (13/11/2018).

Sedangkan satunya lagi adalah video ketika Mahfud muncul di sebuah televisi dan menyebut tiga kelebihan pasangan Prabowo-Sandi. Mahfud menjelaskan bahwa itu manipulasi oleh yang memviralkan.

Menurut Mahfud, video tersebut dipotong dari wawancaranya di sebuah stasiun televisi. Waktu itu oleh anchor Wahyu Muryadi, Mahfud diminta menyebut tiga kelebihan dan kekurangan masing-masing pasangan Jokowi-Makruf dan pasangan Prabowo-Sandi. Mahfud lantas menyebut masing-masing tiga kelebihan dan kekurangan pasangan Jokowi-Ma’ruf dan pasangan Prabowo-Sandi. Tapi oleh pembuat viral video itu yang dimuat hanya tiga kelebihan Prabowo-Sandi.

Padahal di dalamnya ada juga tiga kelebihan Jokowi-Ma’uf dan tiga kekurangannya masing-masing. “Itu kan tebak-tebakan ringan, bercanda, dan spontan. Bukan dukung-mendukung”, kata Mahfud.

Dalam acara itu Mahfud memang tampil penuh gelak tawa bersama pembawa acara Wahyu Muryadi.

“Sepanjang dikaitkan dengan Pillres 2019, meme dan vide tersebut hoaks yang sempurna”, kata Mahfud sambil tertawa lebar. (dor.ak/okz)

  • 4
    Shares
Topik Berita

Baca Juga