Yusril Ihza dan Rocky Gerung isi Seminar tentang Demokrasi di UIN Jakarta

Abadikini.com, JAKARTA – Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta, mengadakan seminar nasional yang dilaksanakan Fakultas Syariah dan Hukum dengan “Demokrasi Hari Ini” : Dalam Kacamata Politik Hukum, Ekonomi, HAM, Filsafat, Agama dan Milenial, pada hari Senin (12/11/2018).

Acara tersebut dihelat mulai sekira pukul 08.30 WIB, dan dihadiri tokoh dan para ahli dari berbagai bidang sesuai tema yang diusung.

Dari segi hukum, demokrasi dibahas oleh Yusril Ihza Mahendra, yang merupakan ahli hukum sekaligus pimpinan Partai Bulan Bintang (PBB).

Sedangkan Rocky Gerung mengambil bagian dari sudut filsafat untuk membahas demokrasi dewasa ini.

Demokrasi juga dibahas dari sudut ekonomi oleh pakar ekonomi, Faisal Basri, dan dari sudut Hak Asasi Manusia (HAM), dibahas oleh Natailus Pigai, mantan Komisioner Komnas HAM.

Seminar yang dihadiri oleh sekira 100-an mahasiswa itu juga diisi oleh Ahmad Rofiq, politikus muda dan anggota Komisi III DPR RI, Taufiqulhadi.

Berbagai sudut pandang yang akan dibahas oleh para ahlinya itu, diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada mahasiswa, yang merupakan pemilih pemula pada pemilu 2019.

“Tahun politik, mahasiswa sebagai pemilih pemula perlu memahami apa yang dimaksud demokrasi hari ini, tidak diarahkan kepada arus politik praktis, karena ini adalah forum akademis,” ujar Dekan Fakultas Syariah dan Hukum, UIN Jakarta, Asep Saefudin Zahar. (ak.trb)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker