ICWA Pemersatu Muslim Australia

Abadikini.com, SYDNEY – Dewan Islam Australia Barat (ICWA) adalah salah satu dewan agama tertua dan diakui pemerintah di Australia Barat. Lembaga ini didirikan pada tahun 1976 dan dimasukkan sebagai Dewan Negara untuk urusan Islam pada tahun 1977.

Baca Juga

ICWA adalah badan negara regional yang berfungsi di bawah naungan Dewan Federasi Islam Australia (AFIC) yang didirikan pada tahun 1964. Kantor pusat administrasi AFIC berada di Sydney New South Wales.

AFIC diakui secara internasional sebagai lembaga Muslim pemersatu Muslim Australia yang utama. Organisasi ini berjalan dengan membangun kerja sama dengan berbagai pihak. Mereka bukan sebatas meramaikan kegiatan Muslim, tapi juga merangkul masyarakat sekitar dari berbagai keyakinan.

Mereka mengumpulkan donasi untuk mereka yang membutuhkan bantuan. Mereka juga mengadakan berbagai kegiatan yang mengasyikkan, sehingga memperkuat persatuan masyarakat.

Komite eksekutif ICWA dipilih setiap tahun oleh perwakilan dari asosiasi anggotanya. Dewan berusaha untuk mempromosikan ibadah, kegiatan sosial, hak sipil dan kesejahter- aan budaya Muslim Australia Barat.

ICWA adalah kepala pengawas layanan makanan halal di Negara Bagian Australia Barat. Selain itu mereka juga memiliki kewenangan untuk sertifikasi dan pemantauan tempat pemotongan hewan, tukang daging lokal dan halal. Mereka juga mengawasi makanan untuk ekspor, ser tifikasi restoran lokal, toko roti, dan kafe. Dewan ini juga membangun gerai makanan, mendidik masyarakat tentang hukum dan praktik diet Islam, dan investigasi keluhan makanan halal.

Sedangkan Imam dan Pejabat Agama ICWA bertugas mengelola hal- hal keagamaan sehari-hari di Masjid Rivervale yang berfungsi sebagai markas ICWA. Imam terdaftar sebagai petinggi agama oleh pemerintah federal dan dia membantu penyeleng- garaan pernikahan komunitas Muslim.

Beberapa kegiatan komunitas ICWA lainnya Menjalankan Pusat Agama Masyarakat dan meramaikan masjid. Lembaga ini juga menyiarkan kerukunan masyarakat dan membela hak-hak sipil warga negara Muslim, memberikan pendidikan Islam, melakukan mediasi dan konseling.

Imam juga bertugas sebagai Komite penanggalan bulan kalender Islam, advokasi untuk hak-hak sipil Muslim dan melobi pemerintah. Ada juga kegiatan sosial yang diselenggarakan di rumah tahanan, rumah sakit, dan rumah perawatan. Kegiatan tersebut semakin semarak diselenggarakan pada Ramadhan dan Syawal.

Dewan Islam Australia Barat juga mengoordinasi kegiatan asosiasi yang berafiliasi di mana pun. Dewan Islam Australia Barat terdiri dari komunitas Muslim yang berafiliasi dan asosiasi keagamaan yang meliputi, Al Salaam Society Inc, Asosiasi Komunitas Arab dari WA Inc, Masyarakat Islam Bosnia Perth Inc, dan Bunbury Islamic Society Inc. Masih banyak lagi komunitas Muslim yang tersebar di berbagai organisasi dan komunitas. (arkan.ak/rep)

Back to top button