Benar Nggak Sih Internet akan Lumpuh Selama 48 Jam di Seluruh Dunia, Inilah Jawaban Kemkominfo

Abadikini.com, JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) merespon kabar mengenai internet di seluruh dunia akan lumpuh dalam waktu 48 jam ke depan. Plt Kepala Biro Humas Kemkominfo, Ferdinandus Setu menyampaikan bahwa tak perlu risau terkait dengan isu tersebut. Sebab kata dia, Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN) hanya melakukan pergantian key signing key (KSK) pada root server-nya. Dampaknya memang, DNS resolver milik Internet Service Provider (ISP) yang dituju akan terganggu.

Namun, kata dia, berdasarkan pernyataan yang disampaikan Ketua Umum Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI), Andi Budimansyah kepada pihaknya, pergantian root server ICANN ini telah diantisipasi oleh pengelola nama domain di seluruh dunia sejak 2 tahun lalu.

“Artinya para ISP yang telah menggunakan DNS Resolver terbaru, tidak akan terdampak oleh pergantian KSK root server ICANN,” jelasnya melalui keterangan resmi, Jumat (12/10/2018).

Meski begitu, pihak Kemkominfo mengimbau para ISP Indonesia yang belum menggunakan DNS Resolver terbaru agar tetap waspada. Hal ini agar pergantian root server ICANN tidak berpotensi merugikan para pelanggan ISP.

“Kemkominfo mengimbau ISP atau provider yang menjalankan DNS resolver harus memastikan bahwa keys root di server DNS Resolver update. ISP juga diimbau agar menggunakan versi terbaru dari software DNS-nya untuk menjamin update key-nya berjalan dengan baik,” ungkap dia.

“Sekali lagi, Kemkominfo mengimbau pengguna internet Indonesia tidak perlu khawatir dan tidak perlu melakukan apa-apa untuk koneksi internetnya. Jika terjadi anomali harap hubungi ISP atau provider yang mengelola DNS resolvernya untuk memastikan DNS resolver-nya berjalan dengan baik,” tambahnya. (Leo.ak)

Sumber: merdeka.com

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker