Survei SMRC: Warga Indonesia Puas atas Kinerja Jokowi, Ini Hitungannya

Abadikini.com, JAKARTA – Saiful Mujani Research and Consunting (SMRC) merilis hasil survei nasional terbarunya terkait peta kekuatan politik nasional di pilpres 2019. Tercakup pula di dalamnya mengenai kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menurut masyarakat luas.

Dalam survei yang dilaksanakan 7-14 September 2018, mayoritas masyarakat Indonesia mengaku puas dengan hasil kinerja mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut. Bahkan persentase angkanya diketahui di atas 70 persen.

“Yang merasa puas dengan kinerja Jokowi sebagai presiden 73,4%, jauh lebih banyak dibanding yang merasa tidak puas hanya 25,4 %,” ujar Direktur ekeskutif Saiful Mujani Research & Consuling (SMRC) Djayadi Hanan di Kantor SMRC, Jalan Cisadane, Jakarta Pusat, Minggu (7/10) dikutip Jawapos.

Tak hanya dalam sektor tingkat kepuasan masyarakat, Djayadi juga menyebut bahwa masyarakat Indonesia yakin terhadap Jokowi dalam memimpin Indonesia. Hasilnya pun tak jauh beda, masih berada di level 70 persen suara.

“Yang merasa yakin dengan kemampuan Jokowi sekitar 71,4%. Jauh lebih banyak dibandingkan yang merasa tidak yakin, yaitu 23,2 %,” pungkasnya.

Adapun SMRC melakukan survei secara langsung (tatap muka) dengan metode multistage random sampling yang melibatkan 1.220 responden periode 7-14 September 2018. Margin of error rata-rata dari survei tersebut diketahui mencapai 3,05 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Di sisi lain, quality control (QC) terhadap hasil wawancara dilakukan secara random sebesar 20 persen dari total sampel oleh supervisor dengan kembali mendatangi responden. (jpc)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker