Hati-hati, Beredar Informasi Gempa Palsu di Palu

Abadikini.com, JAKARTA – Masyarakat belakangan ini dihebohkan dengan munculnya penyebaran informasi palsu atau hoax mengenai gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah. Munculnya kabar hoax itu baru-baru ini meresahkan warga, aparat berjanji akan menindak tegas secara hukum terhadap penyebaran informasi palsu tersebut.

“Presiden (Joko Widodo) instrusikan Kapolri (Jenderal Tito Karnavian) siapa pun yang dapat bencana seperti ini dan memanfaatkan keprihatinan ini untuk kepentingan yang meresahkan masyarakat segera kita tangkap,” kata Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto di Kantor Presiden, Kompleks Istana, Jakarta Pusat, Selasa, (2/10/2018).

Mantan Panglima TNI itu mengecam kemunculan hoaks soal bencana. “Informasi tidak benar meresahkan masyarakat tidak enak dan tidak elok,” kata Wiranto.

Masyarakat diminta memantau berita resmi dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk mengetahui informasi terkini soal gempa Palu. Bila memiliki unek-unek, masyarakat pun diminta menyampaikan langsung kepada pemerintah.

Pemerintah pun bakal memperbaiki manajemen bencana berdasarkan pengalaman bencana gempa Lombok dan Palu. Para aparat diharap bisa lebih siap menghadapi bencana yang datang tiba-tiba. (bob.ak)

Baca Juga

Back to top button