Relawan Jokwoi Gandeng Santri Milenial Center Pupuk Jiwa Kewirausahaan untuk Perkuat Basis Ekonomi Umat

Abadikini.com, SERANG – Relawan Golkar Jokowi (GoJo) mengembangkan model kewirausahaan yang berasal dari lingkungan pondok pesantren. Pemberdayaan santri diyakini mampu menjadikan ekonomi Indonesia lebih berdikari.

“Kami ingin mengembangkan supaya nanti kita menyiapkan landasan, supaya 2024 bisa tinggal landas. Supaya bisa memaksimalkan potensi yang ada,” kata Koordinator Nasional Relawan GoJo, Rizal Malarrangeng dalam sebuah diskusi di Ponpes An-Nawawi, Tanara, Kabupaten Serang, Banten, Minggu (30/9/2018).

Pengembangan pondok pesantren dilakukan bersama Santri Milenial Center (Simeac). Hal tersebut sekaligus menyiapkan kader dan tokoh santri dalam generasi kepemimpinan pada 2024.

Menurutnya, ada beberapa pendekatan yang dilakukan untuk mendorong santri. Salah satunya melalui pendidikan politik, santri diminta membuat jejaring luas di masyarakat. Hal ini untuk melandasi kemampuan kepemimpinan.

“Jangan hard politics, harus soft politics. Pendidikan olahraga bentuk yang bagus. Inilah bentuk kematangan dalam demokrasi,” kata Rizal.

Prinsipnya, ia menyebut pendekatan harus dimulai dari bawah atau level grass root. Dengan begitu, santri bisa merangkul masyarakat hingga menyerap aspirasi mereka. Dari segi ekonomi, mampu menyokong perkembangan ekonomi Indonesia.

Pendekatan yang merakyat, kata dia, juga telah dicontohkan Presiden Joko Widodo. Terutama untuk menciptakan pemilihan umum yang kondusif. “Kan pesan Pak Jokowi itu demokrasi bukan perang. Demokrasi sebuah perayaan. Ini sehat, mendidik, membuat orang bergembira,” tandasnya. (adm.ak)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker