Jokowi Akhirnya Resmikan Tol Depok-Antasari

Abadikini.com, JAKARTA – Proyek Jalan Tol Depok-Antasari (Desari) yang dibangun sejak 2014 rampung untuk digunakan masyarakat. Peresmian dilakukan oleh Presiden Joko Widodo, Kamis (27/9/2018) kemarin sore.

“Sore hari ini kita resmikan Jalan Tol Antasari-Depok,” ujar Jokowi dalam sambutannya.

Secara keseluruhan jalan bebas hambatan ini terbagi ke dalam tiga seksi. Konstruksi yang akan diresmikan dan dioperasikan saat ini meliputi  seksi I yang menghubungkan ruas Jalan Antasari-Brigif sepanjang 5,8 kilometer.

Peresmian jalan tol yang menelan biaya investasi sebesar Rp2,9 triliun ini akan diresmikan dengan penandatanganan prasasti. Presiden Jokowi direncanakan hadir dalam seremoni di depan Gerbang Tol Cilandak Utama pada pukul 16.00 WIB.

Pantauan awak media, nampak telah hadir di lokasi acara Menteri PPN/Bappenas Bambang Brojonegoro, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono. Selain itu beberpa pimpinan kontraktor proyek juga ikut menghadiri peresmian.

Proyek tol untuk menampung beban kendaraan di sekitar Jakarta Selatan tepatnya Jalan Antasari ini tercatat sempat tersendat lantaran pembebasan lahan. Padahal, rencana proyek tol telah ditandatangani melalui perjanjian pengusahaan jalan tol (PPJT) sejak 2006.

Kontrak PPJT itu sempat mengalami bebrapa kali amandemen karena adanya perubahan biaya investasi. Target pengoperasian pun sempat beberapa kali tak tercapai mulai dari 2009 hinggga diklaim bisa dioperasikan pada akhir 2017.

Hingga 2016 proyek ini kemudian dikaji Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP). Setelah masuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN), ruas tol Seksi I pun kemudian dinyatakan rampung pada pertengahan 2018. Selanjutnya, pengerjaan akan dilanjutkan untuk seksi II Brigif-Sawangan sepanjang 6,3 km, dan seksi III Sawangan-Bojonggede sepanjang 9,5 km. (dor.ak)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker