Suporter Persija Tewas, PSSI Hentikan Liga 1

Abadikini.com, JAKARTA – Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) memutuskan untuk menghentikan sementara Liga 1 terkait tewasnya suporter Persija Jakarta, Haringga Sirla, di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Jawa Barat.

“Kami memutuskan menghentikan Liga 1 senior dalam pertandingan putaran 2 di 18 klub, sampai batas waktu yang tak ditentukan,” kata Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi, dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa malam, 25 September 2018.

Edy mengatakan, keputusan ini diambil PSSI sebagai bentuk rasa prihatin atas tragedi berdarah di GBLA jelang laga Persib melawan Persija, Minggu (23/9/2018) lalu.

Sebelumnya, Menpora Imam Nahrawi meminta agar semua kompetisi sepakbola di Indonesia untuk dihentikan. Imam memberi tenggat waktu kepada PSSI selama dua pekan guna menyelesaikan masalah ini. Karena kasus keributan suporter yang mengakibatkan nyawa melayang sudah sering terjadi.

“Di saat penghentian kompetisi (Liga 1 dan di bawahnya) ini, kami minta nanti PSSI dan operator, melakukan hal luar biasa. Harus ada upaya luar biasa, tegas, berani,” kata Imam dalam konferensi pers di Jakarta, sore tadi.

Imam memastikan pemerintah bakal terus memantau perkembangan yang ditempuh PSSI. Rujukan regulasi dari FIFA dan AFC mesti diterapkan.

“Pemerintah akan serius mengawal hal ini semua. Sehingga tidak terjadi lagi peristiwa yang membuat kita menangis,” tuturnya. (viva)

Back to top button