Nomor Urut 2 Prabowo-Sandi Untungkan Gerindra

Abadikini.com, JAKARTA – KPU telah mengundi nomor Capres-Cawapres yang akan bertarung pada Pemilu 2019 tahun depan. Hasilnya Jokowi-Ma’ruf memperoleh nomor urut 1 dan Prabowo Subianto-Sandi nomor urut 2.

Nomor urut 2 yang diperoleh Paslon Prabowo-Sandi dinilan akan menguntungkan Partai Gerindra pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Partai Gerindra juga mendapatkan nomor urut 2 pada Pemilihan Legislatif 2019.

Direktur Survey & Polling Indonesia (SPIN) Igor Dirgantara mengatakan Partai Gerindra berpotensi mendapatkan keuntungan dibandingkan anggota koalisi karena mendapatkan nomor urut sama dengan pasangan calon yang diusungnya. “Prabowo Subianto dan partai Gerindra sudah mendapat nomor cantik, yaitu dua,” kata dia ketika dikonfirmasi, Sabtu (22/9/2018).

Gerindra berpeluang besar merasakan dampak efek elektoral Pemilu Serentak 2019, yakni pileg dan pilpres berlangsung bersamaan. Sebab kata Igor, pada pemilu, terutama yang berlangsung serentak, masyarakat umumnya memberikan perhatian lebih pada kontestasi pilpres.

“Pilpres menentukan pucuk pimpinan eksekutif nasional, ketimbang pemilu legislatif,” ujar Igor.

Karena itu, ia mengatakan, pemilik suara memiliki kecenderungan mencoblos partai politik yang mengusung capres-cawapres pilihan mereka. Kondisi tersebut berdasarkan asumsi efek ekor jas atau coattail effect.

Lebih spesifik lagi, ia mengataan, parpol yang kadernya menjadi capres atau cawapres-lah yang akan cenderung dicoblos oleh pemilih. Karena itu, ia menambahkan, Gerindra bakal mendapatkan berkah suara pada Pemilu 2019.

Di sisi lain, ia mengatakan, nomor urut ini juga akan mengundang kreativitas di media sosial. “Nomor urut urut peserta Pilpres 2019 punya banyak varian dan biasanya akan menjadi salah satu poin utama kelucuan dan keriuhan pembelaan dari para pendukung masing-masing pasangan Pilpres 2019 di media sosial,” kata dia.

Namu, Igor mengatakan, hal terpenting bagi capres-cawapres yang akan berkompetisi, yakni mengefektivitaskan program, visi dan misi kepada publik selama masa kampanye. Masa kampanye bakal dimulai pada 23 September 2018.

Hasil pengundian nomor urut calon presiden-calon wakil presiden yang dilakukan di Kantor KPU RI, Jakarta, hari Jumat (21/9) malam, pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin mendapat nomor urut 1. Sementara pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mendapat nomor urut  2 sebagai peserta pemilihan presiden (Pilpres) 2019. (ak.rol)

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker