Berapa Usia Terbaik untuk Menikah ?

Berbicara perihal pernikahan, apakah kamu pun pernah menjadi korban dari pertanyaan “kapan”? Tentang waktu yang tepat untuk menikah, sudah tentu setiap orang memiliki keyakinan masing-masing akan hal itu. Banyak hal yang perlu disiapkan sampai seseorang yakin bahwa dirinya memang sudah siap untuk memasuki gerbang pernikahan.

Secara ilmiah, dilansir dari iflscience, ternyata ada loh hitungan optimal tentang kapan seharusnya seseorang menikah. Yuk langsung simak penjelasannya berikut.

Pada Tahun 2015 Dilakukan Pernelitian Khusus Tentang Pernikahan Melalui Penjaringan Data Online yang Serius

Terdapat tiga macam analisis dari hasil pengumpulan data online. Dari data tersebut ditemui bahwa tingkat perceraian semakin rendah bagi mereka yang menikah pada usia 20-an.

Pernikahan Remaja Tercatat Lebih Rentan akan Perceraian

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan terjadinya sebuah perceraian. Terlebih jika pasangan tersebut menikah di usia yang masih remaja atau biasa disebut sebagai pernikahan dini. Sedikit pemicu bisa menggoyahkan rumah tangga yang terlahir dari sebuah pernikahan dini.

Pernikahan di Usia 25 Tahun ke Atas Memiliki Risiko Perceraian yang Bervariasi

Tingkat perceraian di atas usia 25 tahun memiliki risiko perceraian yang bervariasi. Tingkat perceraian menurun pada mereka yang menikah pada usia 20-an akhir atau awal 30-an. Sedangkan menikah di usia 30-an pertengahan sampai 40 tahun memiliki risiko perceraian yang sama tingginya dengan pernikahan dini atau pernikahan di usia remaja.

Pernikahan di Atas Usia 40 Tahun Memiliki Risiko Perceraian Paling Rendah

Setelah melalui usia 40-an, risiko perceraian kembali menyusut dan bisa dibilang menikah di usia 40 tahun ke atas memiliki risiko perceraian yang paling rendah.

Usia Optimum untuk Menikah Tergantung pada Tujuan Utama dan Apa yang Kamu Cari

Menurut penelitian dari University of Maryland, usia terbaik untuk menikah ada pada rentang usia 45-49 tahun. Namun hal itu tentu harus disesuaikan dengan tujuan seseorang. Terlebih usia 45 tahun merupakan usia yang sudah sangat terlambat untuk menikah jika dilihat dari segi budaya, khususnya di negara kita.

Seorang ilmuwan kognitif mengutarakan perihal penggunaan aturan 37%. Dimana seseorang perlu menghabiskan 37% dari jangka waktu menjalin hubunga spesial dengan seseorang untuk akhirnya mantap memutuskan langkah ke gerbang pernikahan. Usia normal orang berkencan pada usia 18-40 tahun. Artinya, usia optimal rata-rata bagi seseorang untuk menikah adalah usia 26 tahun.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker