Cegah Lakalantas, Polres dan Dishub Operasi Gabungan  Uji Kelayakan Kendaraan

Abadikini.com, SOLOK – Kepolisian Resor (Polres) Solok Arosuka menggelar giat operasi gabungan dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Solok.

Operasi yang digelar di depan Kantor Dishub Kabupaten Solok, Kotobaru itu dipimpin langsung oleh Kasat Lantas Polres Solok IPTU Bayful Yendri, dengan didampingi Kepala Bidang Keselamatan Dishub Kab. Solok Alkamra Adlis.

Kapolres Solok Arosuka AKBP Ferry Irawan, melalui Kasat Lantas IPTU Bayful Yendri, mengatakan bahwa operasi yang dilaksanakan dengan menggandengan Dishub Kabupaten Solok itu bertujuan dalam rangka penegakan hukum terhadap kendaraan bermotor angkutan umum.

“Adapun sasaran dari operasi terhadap angkutan umum itu meliputi uji kelayakan kendaraan, buku KEUR, dan komponen pendukung lainnya”, kata Yendri kepada Abadikini.com, Kamis (13/8/2018).

Istimewa

Yendri menjelaskan, operasi yang digelar tadi pagi menjelang siang sekira pukul 09.00 hingga 11.00 WIB, Kamis (13/9) merupakan upaya Polres Solok Arosuka melalui Sat Lantas dalam mengantisipasi terjadinya kecelakaan di Wilayah Hukum Polres setempat.

“Operasi kali ini kita fokuskan kepada angkutan umum, terkait kondisi kendaraan, kelaikan jalan, buku KEUR dan komponen pendukung lainnya yang diniai sangat penting dalam meningkatkan keamanan operasional kendaraan, yang hakikatnya demi menjaga keselamatan masyarakat pengguna jasa kendaraan umum dan pengendara lainnya”, ujarnya.

Menurutnya, kegiatan operasi tersebut didorong oleh tragedi kecelakaan maut yang terjadi di Desa Cikida, Sukabumi, Jawa Barat yang terjadi berturut-turut Jumat malam (7/9/2018) dan Sabtu siang (8/9/2018) yang menewaskan puluhan orang.

“Mengingat kondisi dan medan jalan di Kabupaten Solok, khususnya jalan yang menghubungkan Solok-Padang dimana banyak terdapat dikungan serta tanjakan, yang dikhawatirkan terjadi kecelakaan serupa,” pungkas Alumni Fakultas Hukum Unand itu.

Hadir dalam operasi yang digelar pagi menjelang siang sekira pukul 09.00 hingga 11.00 WIB itu, jajaran Sat Lantas Polres Solok Kota serta staff Dishub Kabupaten Solok. (Risko Mardianto)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker