Komisi Politik Ijtima Ulama Hasilkan dua Kriteria Calon Presiden 2019

Abadikini.com, JAKARTA – Ulama dan tokoh nasional merumuskan dua kriteria bagi calon presiden 2019. Terdapat kriteria umum dan khusus yang harus dipenuhi.

Sekretaris Organizing Commite Ijtima Ulama Danny Anwar menjelaskan, hasil sidang komisi politik ijtima ulama mengenai kriteria ideal calon pemimpin yang akan dipilih umat yakni beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.

Kemudian memiliki ilmu dan kompetensi dalam penyelenggaraan negara yang konsisten dengan pembukaan UUD 1945, sehat jasmani dan rohani, memiliki keberpihakan kepada pribumi dan umat Islam dan mampu menjaga kedaulatan negara dan melindungi segenap bangsa dan negara dari intervensi pihak asing

“Serta bebas dari komunisme, liberalisme, sosialisme, kapitalisme dan aliran sesat,” ujarnya dalam jumap pers di Hotel Menara Peninsula, Jakarta, Sabtu (28/7/2018).

Sementara, untuk kriteria khusus yang harus dimiliki antara kain muslim yang taat beribadah, memiliki sikap atau karakter jujur, terpercaya, cerdas dan tablig. Lalu memahami substansi pembukaan UUD 1945 sesuai khitoh perjuangan kemerdekaan Indonesia. Dan mempunyai kemampuan manajerial kepemimpinan.

“Juga berpihak dan membela terhadap kepentingan Islam,” tegas Danny (ak.rmol)

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker