Kasus BLBI Disebut Tak Pernah Tuntas Karena Elite Saling Melindungi Kejahatan

Abadikini.com, JAKARTA- Ekonom senior yang juga mantan Menko Ekuin era Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid, Rizal Ramli (RR) mengungkapkan kenapa kasus BLBI tidak juga tuntas hingga saat ini.

“Kenapa kasus BLBI dan kejahatan kerah putih lainnya seperti Century tidak pernah dibuka secara terang benderang? Karena elite yang merupakan oligarki ekonomi dan politik itu saling sandera, saling melindungi kejahatan yang mereka lakukan bersama-sama,” ungkapnya  dalam diskusi ‘Mega Skandal BLBI Perlukan Dibuka Kembali’ di ILC TVone, Selasa (10/7).

Dia pun kembali menjelaskan peran kesalahan International Monetary Fund (IMF) saat mencampuri krisis ekonomi yang terjadi di Indonesia 1997 silam, yang dibantu oleh para elite politik saat itu.

“Betul setiap langkah IMF merugikn rakyat Indonesa. Tetapi ironisnya di setiap tahap kesalahan IMF dalam policy (kebijakan) tadi, elite politik Indonesia justru mengambil kesempatan di dalam kesempitan,” terang dia.

RR menambahkan, tak hanya kalangan pemangku kepentingan, bahkan di setiap level ada yang memanfaatkan krisis moneter Indinesia dengan menutupi kesalahan-kesalahan IMF untuk kepentingan pribadinya.

“Kita lagi krisis nih, IMF bikin blunder merugikan negara tapi di setiap level kesalahan itu ada yang main saja gitu lho, yang deket dengan elite kekuasaan,” tandasnya (ak/rmol)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker