Waspada! Bumil, Ini Tanda Anda Akan Segera Melahirkan

Saat menjalani masa kehamilan, melahirkan adalah saat-saat yang paling dinantikan hanya oleh Anda dan pasangan, melainkan oleh keluarga besar yang tidak sabar menyambut kehadiran si buah hati.

Agar momen tersebut dapat berjalan dengan baik, berikut 9 tanda Anda akan segera melahirkan. Simak penjelasan di bawah ini, ya!

  1. Keluarnya cairan dari vagina

Bumil coba perhatikan, jika vagina Anda tiba-tiba mengeluarkan lendir atau flek darah, maka bisa jadi waktu persalinannya semakin dekat. Sebab, perlu diketaui keluarnya lendir bercampur flek merupakan pertanda bahwa jaringan serviks pada ibu hamil mengalami pembukaan. Jadi tetap waspada ya!

  1. Sakit di area punggung

Memang bukan hal yang aneh jika dalam masa kehamilan Anda mengalami sakit pada punggung. Namun yang perlu diingat, jika munculnya nyeri di punggung semakin sering frekuensinya, maka segera persiapkan segala kebutuhan persalinan Anda. Selanjutnya, tanda ibu hamil akan melahirkan adalah punggung yang terasa sakit.

  1. Kram di area perut

Kram di area perut adalah hal yang umumnya dialami oleh ibu yang akan melahirkan. Tahukah Anda itu adalah sensasi yang mirip dengan sindrom pra-menstruasi ini timbul karena posisi janin sudah mulai bergerak ke bawah mendekati mulut rahim. Jadi nggak sabar menanti kehadiran sang jabang bayi.

  1. Gerakan janin menjadi jarang dan lambat

Apakah bunda sering merasakan gerakan janin seperti menendang? Jika iya, ini adalah hal yang normal, namun menjelang persalinan gerakannya akan semakin jarang dan lambat. Ini dikarenakan jabang bayi sedang menyesuaikan posisi agar dapat keluar dari rahim.

  1. Sulit untuk tertidur

Perut yang semakin besar membuat posisi tidur ibu hamil menjadi semakin tidak bebas. Selain itu, hal tersebut semakin menjadi jika masa melahirkan sudah semakin dekat, lho. Alasannya, semakin dekat masa melahirkan, semakin sering terjadi kontraksi halus sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman di area perut dan rahim.

  1. Mual dan muntah

Ibu hamil tahukah Anda, menjelang proses persalinan, ibu hamil akan kembali merasakan mual dan muntah. Karenanya, jika tanda ini sudah muncul, Anda disarankan untuk segera menguhubungi dokter.

  1. Air ketuban pecah

Nah, inilah tanda yang paling sering terjadi jika masa melahirkan sudah dekat. Cairan ketuban yang berfungsi untuk melindungi jabang bayi dari infeksi akan pecah sesaat sebelum proses persalinan. Jika ibu tidak mengalami kontraksi, padahal ketuban sudah pecah, maka dokter biasanya akan melakukan proses induksi.

  1. Sering buang air kecil

Tanda ibu hamil akan melahirkan yang lainnya adalah meningkatnya frekuensi buang air kecil. Alasannya tidak lain karena janin yang bergerak ke arah bawah akan menekan kandung kemih. Maka, tidak heran jika kemudian ibu hamil akan sering  berkemih.

  1. Nyeri pada selangkangan dan vagina

Selain Anda harus tahu cara menghitung usia kehamilan untuk mempersiapkan waktu melahirkan, bunda harus peka terhadap gejala dan tanda yang satu ini, nih!

Intinya, jika bunda mulai sering merasa nyeri di area selangkangan dan vagina, bisa jadi waktu melahirkan semakin dekat, lho. Alasannya, karena janin sudah mulai bergerak ke arah bawah sehingga menekan rangka tulang pelvis.

Itu tadi 9 tanda ibu hamil akan melahirkan yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Back to top button