Wow, Tak Dikabulkan Permintaan Saat Hari Raya, Fredrich Sumpahi Jaksa?

Abadikini.com, JAKARTA – Mantan kuasa hukum Setya Novanto dan juga terdakwa perintangan penyidikan kasus korupsi E-KTP, Fredrich Yunadi kembali berulah. Dalam sidang pembacaan nota pembelaan di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Fredrich menjatuhkan sumpah kepada Jaksa Penuntut Umum KPK.

“Kami bersumpah penuntut umum kan mendapat balasan dari Allah, insya Allah orang tuanya masih hidup,” ujar Fredrich di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Jumat (8/6/2018).

Atas perlakuan sumpah Fredrich tersebut, jaksa mengajukan keberatan. Kepada majelis hakim, Jaksa Takdir Suhan mengatakan agar keberatan penuntut umum terhadap sikap Fredrich dicatat.

“Izin yang mulia sebelum sidang ditutup kami keberatan. Sangat sangat keberatan dengan ucapan yang terakhir, mohon dicatat,” ujar jaksa Takdir.

Sikap kurang mengenakan Fredrich berawal saat mantan kuasa hukum Setya Novanto itu mengajukan permohonan izin kepada majelis hakim agar bisa keluar tahanan saat hari raya Idul Fitri. Ia ingin sungkem ke ibunya.

Namun permintaan itu ditolak oleh majelis hakim. Ketua majelis hakim, Saifuddin Zuhri awalnya meminta pertimbangan jaksa penuntut umum.

Jaksa Takdir kemudian menjelaskan permohonan Fredrich tidak dapat dilakukan mengingat jumlah pengawal tahanan terbatas. Di samping itu, petugas yang merayakan hari raya Idul Fitri mendapat hak cuti bersama.

“Pegawai punya hak cuti waltah (pengawal tahanan) di KPK, jadi sedikit apalagi sekarang sedang ada case OTT (operasi tangkap tangan) sehingga butuh penjagaan lebih,” ujarnya.

Kepada majelis hakim, jaksa menjelaskan rutan Cipinang, tempat Fredrich ditahan, mempunyai kebijakan jadwal besuk lebih lama saat hari raya. Sehingga, keluarga para tahanan memiliki waktu lebih untuk bersilaturahim.

Fredrich Katakan Jaksa Punya Dendam

Mendengar penjelasan itu, Fredrich bereaksi dengan menyebut alasan tersebut hanya trik jaksa penuntut umum sebagai bentuk balas dendam kepadanya. Mantan kuasa hukum Budi Gunawan itu bersikukuh ingin keluar dari tahanan pada hari raya demi sungkem kepada sang ibu berusia 94 tahun.

“Yang kami maksud bukan besuk tapi umur ibunda saya 94 kemunginkan penuntut umum belum ada orang tua seumur ibu saya, masa tega untuk minta ibu saya ke sana. Ini sifatnya mengada-ada sifatnya balas dendam,” ujar Fredrich.

Tidak ingin berlarut-larut dalam perdebatan secara tegas hakim menolak Fredrich keluar dari tahanan saat hari raya.

“Saya tidak tahu apa bisa ada yang keluar itu bagi tahanan tapi untuk bulan Syawal kan 1 bulan saya kira nanti setelah masuk resmi mungkin akan lebih mudah. Sepertinya pada hari raya kemungkinan diizinkan kecil,” ujarnya.

Diketahui Fredrich didakwa telah melanggar Pasal 21 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Ia didakwa melakukan upaya perintangan penyidikan terhadap Setya Novanto yang saat itu berstatus sebagai tersangka korupsi proyek e-KTP saat itu. (ernesto.ak/liputan6)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker